Akhyar Jelaskan Pentingnya Tugas dan Fungsi Guru dalam Program Medan Merdeka Belajar

Pemkot Medan gelar sarasehan untuk membahas program Merdeka Belajar dari Mendikbud Nadiem Makarim

Akhyar Jelaskan Pentingnya Tugas dan Fungsi Guru dalam Program Medan Merdeka Belajar
Dok. Humas Pemkot Medan
Plt Wali Kota Medan Akhyar Nasution dalam acara Sarasehan Medan Merdeka Belajar di Gedung Serba Guna PKK Kota Medan, Jalan Rotan Proyek Petisah, Kamis (13/2/2020). 

TRIBUN-MEDAN.com – Pemerintah Kota (Pemkot) Medan melalui Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Medan menggelar Sarasehan Medan Merdeka Belajar di Gedung Serba Guna PKK Kota Medan, Kamis (13/2/2020).

Pelaksana tugas (Plt) Wali Kota Medan Akhyar Nasution membuka acara itu dan diikuti para guru dari tingkat Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) dan Pendidikan Non Formal (PNF) se-Kota Medan.

Kegiatan tersebut bertujuan untuk menyamakan pemahaman, persepsi, dan tindakan dalam menjalankan program Merdeka Belajar yang dicanangkan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makarim untuk seluruh sekolah di Indonesia.

Dengan begitu, program tersebut berjalan lancar dan mendapatkan hasil yang optimal dalam proses belajar mengajar.

Turut hadir dalam acara itu Plt Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Kota Medan sekaligus Ketua DPC Gabungan Organisasi Penyelenggara Taman Kanak-Kanak Indonesia (GOPTKI) Nurul Khairani Akhyar.

Hadir pula Plt Kepala Dinas Pendidikan Masrul Badri, sejumlah ketua lembaga bidang pendidikan di Kota Medan, seperti Pusat kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM), Himpunan Penyelenggara Pelatihan dan Kursus Indonesia (HIPKI), serta jajaran pengurus PKK Kota Medan.

Akhyar dalam arahannya mengatakan, program Medan Merdeka Belajar harus dipahami dengan saksama, sehingga  menghasilkan keselarasan dalam proses belajar mengajar di semua sekolah, mulai PAUD, TK, SD, dan SMP se-Kota Medan.

"Para guru memiliki tugas dan fungsi penting dalam program Merdeka Belajar,” kata Plt Wali Kota Medan dalam keterangan tertulis.

Ia melanjutkan, Medan Merdeka Belajar artinya tenaga pendidik harus mampu memberi ruang dan menemukan potensi, minat, serta bakat para murid untuk ditumbuhkembangkan.

“Itu karena setiap dari kita merupakan pribadi yang memiliki keunikan dan kemampuan berbeda," kata Akhyar.

Halaman
12
Penulis: Inang Jalaludin Shofihara
Editor: Anggara Wikan Prasetya
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved