Pengadilan Negeri Medan Luncurkan 'Bang Adil' dan Kanal Youtube

Pengadilan Negeri Medan baru-baru ini meluncurkan layanan Bang Adil dan kanal Youtube.

Pengadilan Negeri Medan Luncurkan 'Bang Adil' dan Kanal Youtube
Tribun Medan/Victory Arrival Hutauruk
Kantor Pengadilan Negeri Medan di Jalan Pengadilan, Medan. 

TRIBUN-MEDAN.com - Pengadilan Negeri (PN) Medan baru-baru ini meluncurkan layanan Bang Adil dan kanal Youtube untuk mempermudah masyarakat mengakses informasi persidangan.

Ketua Pengadilan Negeri Medan Sutio Jumagi Akhirno mengatakan, pihaknya baru-baru ini meluncurkan beberapa layanan baru seperti Bang Adil dan Channel Youtube.

Bang aAil adalah salah satu bentuk perkembangan dari program Digital Mandiri yang sebelumnya sudah ada.

"Kalau dulu kita punya yang namanya digital mandiri yang ada dipojok-pojok lorong PN Medan itu, kemudian kita kembangkan menjadi bang adil," Jelas Ketua PN di ruang kerjanya, Jumat(14/2/2020).

Bang adil dapat diakses menggunakan Aplikasi WhatsApp dengan nomor 081265147940, masyarakat dapat mengakses semua kebutuhannya di PN Medan tanpa harus datang ke Pengadilan.

"Masyarakat tanpa datang kepengadilanpun bisa mengakses bang adil. jadi nanti kita melalui WhatsApp. jadi nanti masyarakat cukup mengakses nomor handphone itu dengan ketik pidana, akan keluar informasi pidana, atau ketik perdata, maka akan keluar informasi perdata."

Ketua Pengadilan Negeri Medan Sutio Jumagi Akhirno dan Ketua Ikatan Hakim Indonesia (IKAHI) Pengadilan Negeri Medan Abdul Azis.
Ketua Pengadilan Negeri Medan Sutio Jumagi Akhirno dan Ketua Ikatan Hakim Indonesia (IKAHI) Pengadilan Negeri Medan Abdul Azis. (Tribun Medan/M Andimaz Kahfi)

"Nanti ada lagi informasi lainnya, misalnya ongkos perkara proses pendaftaran. akan keluar nanti indormasi informasi," ujarnya.

Pengadilan Negeri Medan juga mencoba membuka Channel Youtube, dan akan membagikan video-video persidangan menarik.

"Kita mencoba membuka channel youtube, nanti kita akan menshare kegiatan-kegiatan, atau sidang-sidang penting juga akan kita rekam dan share di Channel Youtube Pengadilan Negeri Medan ini," jelasnya.

Ia menjelaskan kegiatan ini, didasari karena dianjurkan oleh Kementerian Pemberdayaan Aparatur Negara Reformasi dan Birokrasi.

"Layanan baru ini didasari karena saran dari Kementerian Pemberdayaan Aparatur Negara Reformasi dan Birokrasi PANRB, supaya didekatkan antara masyarakat dengan Pengadilan," pungkasnya. 

(cr2/tribun-medan.com) 

Penulis: Alif Al Qadri Harahap
Editor: Liston Damanik
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved