Bina Pesepakbola Usia Dini, SSB Katabima Tekad Lahirkan Pemain Andal

Hadir mewarnai dunia sepak bola di Sumut sejak tahun 2014 lalu, SSB Katabima semakin gencar dan serius menjaring talenta pesepakbola muda.

Bina Pesepakbola Usia Dini, SSB Katabima Tekad Lahirkan Pemain Andal
TRIBUN-MEDAN.com/ist
Para pemain muda binaan SSB Kata Bima Deliserdang bersama tim pelatih usai menjadi juara Juara Turnamen Sepak bola Kualanamu Sejahtera Bersatu (KSB) Kecamatan Beringin 2020. 

TRIBUN-MEDAN.com, MEDAN - Membina anak-anak usia dini agar bisa menjadi pesepakbola andal hingga merumput bersama klub-klub liga profesional di masa depan merupakan misi besar yang diusung Sekolah Sepak Bola (SSB) Katabima Deliserdang.

Hadir mewarnai dunia sepak bola di Sumut sejak tahun 2014 lalu, SSB yang rutin berlatih menggunakan lapangan Katabima Bandar Khalipah ini semakin gencar dan serius menjaring talenta pesepakbola muda.

Wakil ketua SSB Katabima, Suryanto mengaku, melimpahnya potensi pemain muda yang ada di Deliserdang dan sekitarnya, tentu menjadi peluang besar bagi daerah tersebut untuk melahirkan para pemain sepakbola berkualitas.

Karena itu, SSB Katabima hadir sebagai wadah bagi anak-anak muda untuk menyalurkan hobi dan bakatnya dalam bermain sepak bola.

"Kalau SSB Katabima berdiri tahun 2014, namun Katabima FC sudah ada sejak tahun 1996. Masa itu saya kapten tim, karena prestasi saya bisa masuk PSMS junior tahun 1995. Untuk saat ini SSB ini baru memiliki jenjang pembinaan usia dini tingkat SMP U-12 hingga U-23 tahun," ujarnya, Sabtu (15/2/2020).

Meski masih terbilang baru, SSB yang bermarkas di Jalan Puskesmas Dusun 7 Selasih, Desa Bandar Khalipah, ini bukan tanpa prestasi. Sejumlah torehan juara turnamen sepak bola maupun antar SSB sudah pernah diraih tim ini.

"2014 kami menjuarai turnamen trofeo dan 2015 berhasil mendapatkan juara 1 turnamen MPC Pemuda Pancasila. Tahun 2018 juara 2 Mayong Cup dan juara 1 Piala Cakrabuana Satria dan juara 3 turnamen SBB generasi muda U12. Tahun 2019 berhasil juara 1 Piala Bergilir Kepala Desa Bandar Khalifah. Terbaru awal tahun 2020 berhasil juara tournament Sepak bola Kualanamu sejahtera bersatu (KSB) Kecamatan beringin," terangnya.

Tak hanya prestasi dalam tim, salah satu eks binaan SSB Katabima rupanya juga sudah ada yang mulai menapaki karir di dunia sepakbola profesional. Dia adalah eks winger Timnas U-16, Bayu Yudha Pratama yang juga pernah berseragam Barito Putera U-19.

Berkaca dari itu, Suryanto menambahkan, selain mengasah bakat para pemain muda, pihaknya punya mimpi besar agar dalam 5 tahun ke depan bisa mengorbitkan pemain-pemain muda.

Dia berharap para pemain muda keluaran SSB Katabima nantinya akan mampu mulai meniti karir dari junior hingga menjadi pesepakbola profesional yang sukses. Dengan prestasi itu, secara tidak langsung juga akan mengangkat nama SSB Katabima sendiri.

"Saya pun berharap anak didik saya bisa bermain di liga profesional di indonesia nantinya. Saat ini anak-anak yang semangat berlatih di SSB Katabima junior ada lebih dari 50 orang dan 30 orang yang ada di skuat senior. Lewat sepakbola SSB Katabima ingin mengenalkan pada anak- anak apa itu arti disiplin dan kebersamaan. Dengan paham dan memiliki disiplin dan kebersamaan dalam tim, prestasi pasti akan kami dapatkan," pungkasnya.

(Can/Tribun-medan.com)

Penulis: Chandra Simarmata
Editor: Juang Naibaho
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved