Belum Baca Draf Omnibus Law, Kadisnaker Medan: Pengusaha dan Buruh Jangan Saling Tak Nyaman

Rancangan Undang-Undang (RUU) Omnibus Law Cipta Lapangan Kerja (CLK) hingga saat ini masih menuai penolakan dari berbagai pihak.

Belum Baca Draf Omnibus Law, Kadisnaker Medan: Pengusaha dan Buruh Jangan Saling Tak Nyaman
Tribun-Medan.com/Gita Tarigan
Hannalore Simanjuntak 

TRIBUN-MEDAN.com - Rancangan Undang-Undang (RUU) Omnibus Law Cipta Lapangan Kerja (CLK) hingga saat ini masih menuai penolakan dari berbagai pihak.

Melihat hal tersebut, Pemerintahan Kota (Pemko) Medan berharap agar pengusaha dan buruh di Kota Medan jangan saling tidak nyaman.

Hal tersebut dikatakan Kepala Dinas (Kadis) Tenaga Kerja Kota Medan, Hannalore Simanjuntak kepada awak media saat menghadiri dialog Omnibuslaw di Hotel Grandhika Setiabudi Medan, Jalan Dr Mansyur Nomor 169 Medan, Senin (17/2/2020).

"Inilah yang sedang dibahas, di pasal mana RUU Omnibus Law Cipta Lapangan Kerja ini dianggap merugikan. Itu ya harus jelas, lalu bagaimana solusinya, kita juga tidak menginginkan ketidaknyamanan pengusaha dan pekerja," katanya.

Hannalore mengatakan belum baca draf RUU Omnibus Law Cipta Lapangan Kerja tersebut.

"Pemko sendiri baru mendapatkan draf, baru dikasih drafnya. Dan ini kan (RUU Omnibus Law CLK) dari pemerintah pusat, kemudian dilempar ke DPRD untuk dibahas, tentu ada masukan, serikat buruh juga ada yang mewakili," katanya.

Selama dialog berlangsung antar perwakilan buruh dan pemerintahan yang hadir, Hanna menyoroti beberapa buruh menganggap bahwa sistem outsouching merupakan penjajahan di era modern.

"Ini sangat bagus, kita bicarakan bersama, pasal mana yang ingin dihilangkan, yang dianggap sebagai penjajahan buruh, ya disinilah kita cari solusinya," katanya.

Meski demikian, ia mengatakan pekerja juga harus mampu bersaing sebagaimana yang ada di Omnibuslaw CLK.

"Saya belum baca drafnya, namun pekerja juga harus mampu bersaing seperti apa yang diinginkan oleh omnibuslaw Cipta Lapangan Kerja ini," ujarnya.

(cr21/tribun-medan.com)

Kepala Dinas (Kadis) Tenaga Kerja Kota Medan, Hannalore Simanjuntak
TRIBUN MEDAN/GITA TARIGAN

Penulis: Gita Nadia Putri br Tarigan
Editor: Juang Naibaho
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved