Breaking News:

SMI 2020 Bakal Hadirkan Seribu Orang Manortor Untuk Ciptakan Kesan Mistis

SMI 2020 Bakal Hadirkan Seribu Orang 'Manortor' Untuk Ciptakan Kesan Mistis

Tribun-Medan.com/Tommy Simatupang
Manager Project SMI, Henry Manik saat ditemui di Jalan Tarutung Kota Pematangsiantar, Selasa (18/2/2020). 

TRIBUN-MEDAN.com, SIANTAR - Samosir Music International (SMI) yang menampilkan seniman-seniman lokal segera hadir lagi di tahun 2020.

Kegiatan yang menonjolkan kebudayaan Batak ini telah memasuki acara yang kelima. Manager Project SMI Henry Manik menjelaskan persiapan SMI pada tahun 2020 yang masih bertempat di Open Stage Tuk-tuk Siadong Kecamatan Simanindo Kabupaten Samosir.

Pemusik dari Austria dan Italia akan turut mengisi acara yang berlangsung pada 7 hingga 8 Agustus 2020.

Henry Manik mengungkapkan untuk SMI 2020 akan menunjukkan penampilan yang berbeda. SMI 2020 akan menampilkan seribu warga Samosir mengenakan pakaian adat Batak Toba lengkap dengan ulos.

Seribu orang dari berbagai usia ini akan manortor (tarian batak) dengan iringan musik tradisional gondang (gendang) dan sarune (alat musik tiup).

Konsep seribu warga mengenakan pakaian adat ini menjadi tujuan utama SMI yakni menunjukkan eksistensi budaya Batak. Ia menilai dengan penampilan itu dalam acara dapat tersampaikan kesan mistis.

"Seribu orang ini akan menggunakan pakaian seperti zaman dulu. Kita ingin ada kesan mistis di situ. Apalagi ditambah dengan tor-tor gondang bolon. Mencoba suatu hal yang baru," ujarnya saat diwawancarai di Jalan Tarutung Kota Pematangsiantar, Selasa (18/2/2020).

Henry Manik mengajak masyarakat untuk bangga terhadap kebudayaan yang beragam. Ia memastikan dalam seribu tor-tor ini melibatkan seluruh warga yang ada di pedesaan Samosir.

Pemuda asal Samosir yang banyak mempromosikan musik Batak di Eropa ini menginginkan acara ini dinikmati semua masyarakat.

"Kita akan ajak semua warga yang ada di Samosir. Tidak hanya yang dipinggiran Danau Toba saja. Kita akan ajak semua yang ada di desa-desa yang dipelosok Samosir. Kita bantu nanti untuk biaya transport," ujarnya.

Halaman
12
Penulis: Tommy Simatupang
Editor: Juang Naibaho
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved