Besok Jaksa KPK Limpahkan Berkas Perkara Dzulmi Eldin ke Pengadilan Tipikor Medan

Jaksa Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) akan melimpahkan berkas perkara korupsi Wali Kota Medan nonaktif Dzulmi Eldin ke Pengadilan Tipikor Medan.

TRIBUN MEDAN/RISKI CAHYADI
Wali Kota Medan nonaktif Dzulmi Eldin tersenyum saat mengikuti sidang dengan agenda keterangan saksi dalam persidangan korupsi dengan terdakwa Isa Ansyari di Pengadilan Negeri Tipikor Medan, Sumatera Utara, Kamis (9/1/2020).TRIBUN MEDAN/RISKI CAHYADI 

Kamis, Jaksa KPK Limpahkan Berkas Perkara Dzulmi Eldin ke Pengadilan Tipikor Medan

TRIBUN-MEDAN.com, MEDAN - Jaksa Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) akan melimpahkan berkas perkara korupsi Wali Kota Medan nonaktif Dzulmi Eldin ke Pengadilan Tipikor Medan pada Kamis (20/2/2020) besok.

"Informasi dari KPK akan melimpahkan berkas perkara Wali Kota Medan besok (Kamis)," kata Panitera Muda Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Pengadilan Negeri (PN) Medan, Junain Arief, kepada Tribun Medan, Rabu (19/20/2020).

Ia menyebutkan sesuai standar operasional prosedur (SOP) selambatnya dua pekan setelah pelimpahan berkas, akan ditetapkan tanggal persidangan.

"Sesuai dengan SOP penetapan tanggal sidang dua minggu setelah menyerahkan berkas," ujar Arief.

Dikatakannya, untuk susunana majelis hakim yang mengadili akan ditetapkan langsung setelah menerima berkas perkara.

Diketahui, KPK menetapkan Wali Kota Medan periode 2014-2015 dan 2016-2021, Tengku Dzulmi Eldin sebagai tersangka kasus dugaan suap terkait dengan perjalanan dinas dan jabatan pada Pemerintah Kota Medan tahun 2019.

Eldin ditetapkan sebagai tersangka bersama dengan Kepala Dinas PUPR Kota Medan Isa Ansyari dan Kepala Bagian Protokoler Kota Medan Syamsul Fitri Siregar.

Perkara bermula ketika Eldin menerima uang sejumlah total Rp 530 juta dari Isa Ansyari untuk perjalanan dinas dalam rangka kerja sama sister city antara Kota Medan dan Kota Ichikawa di Jepang. Eldin turut membawa serta istri, dua anaknya, dan beberapa orang lainnya yang tidak berkepentingan.

Bahkan Eldin memperpanjang waktu tinggal di Jepang selama tiga hari di luar waktu perjalanan dinas. Di masa perpanjangan tersebut keluarga Eldin didampingi oleh Kasubbag Protokol Pemerintah Kota Medan, Syamsul Fitri Siregar.

Halaman
12
Penulis: Alif Al Qadri Harahap
Editor: Juang Naibaho
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved