Orang Utan yang Dilepas-liarkan dari Rumah Dinas Bupati Taput Belum Ditemukan

Tim BBKSDA Sumut bersama masyarakat masih mencari orang utan yang pernah dikurung di rumah dinas Bupati Tapanuli Utara.

Tribun Medan/Maurits Pardosi
Kepala BBKSDA Sumut Hotmauli Sianturi menyampaikan hingga saat ini pihaknya belum mendapatkan info hasil nekropsi gajah mati di Medan Zoo. 

MEDAN-TRIBUN.com - Tim Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Sumatra Utara (Sumut) bersama masyarakat masih mencari orang utan yang pernah dikurung di rumah dinas Bupati Tapanuli Utara.

Orang utan itu dilepas-liarkan tanpa sepengetahuan pihak yang berwenang.

"Kami tetap lakukan pengawasan, dan kami sudah menyurati, saya perintahkan teman-teman di sana monitoring dan bersama dengan masyarakat," ujar Kepala BBKSDA Hotmauli Sianturi saat dikonfirmasi pada Kamis (20/2/2020).

Monitoring terus-menerus agar orang Utan tersebut segera didapatkan kembali karena belum ada pemeriksaan apakah satwa tersebut sehat sebelum pelepas-liaran. Oleh karena itu, BBKSDA sudah mewadahi masayarakat untuk membuat laporan terkait keberadaan orang utan tersebut.

"Kalau ada tanda-tanda harus kontak, maka nomornya KSDA, call centre, maupun petugas resort sudah kami berikan ke masyarakat yang ada di situ," tambahnya.

Menurut penuturan Hotmauli Sianturi, mereka sudah bersiap menjemput orang Utan tersebut saat diketahui keberadaan satwa tersebut.

"Orang Utan yang ada di situ, mereka sudah rilis, ya kan. Dan kami memang tidak didampingi KSDA. Tapi kami waktu itu sudah siap menjemput, kita evaluasi dulu sama dokter, misalnya apakah sehat," ungkapnya.

Kepala BBKSDA berharap agar masyarakat langsung memberikan laporan saat mereka tahu dimana keberadaan satwa tersebut.

"Bila ada tanda-tanda, atau dengar suaranya gitu, langsung telepon kami supaya kami langsung turun gitu, kita berdoa saja supaya anak orang Utan itu survive di alam," pungkasnya. (cr3/medan-tribun.com)

Penulis: Maurits Pardosi
Editor: Liston Damanik
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved