64 Orang TKI Ilegal Diamankan Petugas Lanal Tanjungbalai Asahan, Negatif Terinfeksi Virus Corona

Sebanyak 64 orang Tenaga Kerja Indonesia (TKI) ilegal yang sebelumnya bekerja di Malaysia diamankan oleh petugas Lanal Tanjungbalai Asahan.

HO
Sejumlah Tenaga Kerja Indonesia (TKI) yang kembali ke Indonesia tanpa dokumen resmi keimigrasian ditangkap petugas Lanal Tanjungbalai Asahan yang tengah patroli di perairan pada Jumat (21/2/2020). Setelah dilakukan pemeriksaan terhadap barang bawaan milik 64 TKI ilegal tersebut tidak ditemukan benda terlarang maupun narkoba. 

TRIBUN-MEDAN.com - Sebanyak 64 orang Tenaga Kerja Indonesia (TKI) ilegal yang sebelumnya bekerja di Malaysia diamankan oleh petugas Lanal Tanjungbalai Asahan.

Mereka didapati berada di atas Kapal Motor Sahabat Baru saat melintas di perairan Asahan oleh petugas yang tengah patroli menggunakan Sea Rider milik Lanal Tanjungbalai Asahan pada Jumat (21/2/2020) sekitar pukul 14.50 WIB.

Selanjutnya seluruh penumpang dan awak kapal beserta nahkoda dibawa petugas ke Mako Lanal Tanjungbalai Asahan. Para TKI ilegal itu terdiri 42 orang laki-laki, 21 perempuan dan satu orang balita.

"Para TKI ilegal ini diamankan bermula dari kecurigaan petugas kami terhadap salah satu kapal. Kemudian dilakukan pengejaran, dan benar di KM Sahabat Baru itu ada 64 orang TKI, salah seorang diantaranya masih berusia anak-anak," kata Komandan Lanal Tanjungbalai Asahan, Letkol Laut (P) Dafris, Sabtu (22/2/2020).

Setibanya di Mako Lanal, petugas lalu melakukan pendataan identitas para TKI ilegal tersebut dan memeriksa seluruh barang bawaan mereka, demi mencegah masuknta barang berbahaya ke Indonesia, khususnya Kota Tanjungbalai.

Mereka masuk ke Kota Tanjungbalai untuk kembali ke kampung halaman masing-masing yang tersebar di berbagai wilayah di Indonesia.

"Saat diperiksa tidak didapati barang terlarang maupun narkoba," ungkap Dafris.

Selain itu, mencegah penyebaran virus corona yang belakang marak, suhu tubuh para penumpang yang datang dari Malaysia itu pun turut diperiksa.

Hasilnya seluruh Warga Negara Indonesia (WNI) yang tak memiliki dokumen keimigrasian itu dinyatakan sehat. Suhu tubuh ke-64 orang tersebut di bawah 38 derajat celsius.

"Hari ini juga dilakukan pemeriksaan lanjutan terkait kemungkinan, mereka terinfeksi virus corona. Hasil pemeriksaan dinas kesehatan, semua temperatur tubuhnya di bawah 38 derajat celsius, tidak ada yang terindikasi virus corona," ujarnya.

Setelah itu, para TKI ilegal tersebut diserahkan ke Kantor Imigrasi Tanjungbalai untuk diproses secara keimigrasian.

(ind/tribun-medan.com)

Penulis: Mustaqim Indra Jaya
Editor: Liston Damanik
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved