Breaking News:

News Video

Bupati Nikson Nababan Minta Warga Jauhi Lobang yang Mengeluarkan Panas Bumi yang Beracun

Bupati Tapanuli Utara Nikson Nababan mengingatkan warga agar sementara waktu tidak melakukan aktivitas di lokasi yang dianggap berbahaya

Penulis: Arjuna Bakkara | Editor: Hendrik Naipospos

Bupati Nikson Nababan Minta Warga Jauhi Lobang yang Mengeluarkan Panas Bumi yang Beracun

TRIBUN-MEDAN.COM - Bupati Tapanuli Utara Nikson Nababan mengingatkan warga agar sementara waktu tidak melakukan aktivitas di lokasi yang dianggap berbahaya.

Himbauan ini sampaikan Nikson Nababan pasca-adanya temuan aroma panas bumi di persawahan warga di Desa Banuaji IV , Kecamatan Adiankoting, Kabupaten Tapanuli Utara.

Orang nomor satu di Taput  ini mengaku sudah menyurati presiden dan Kementerian Lingkungan Hidup untuk melakukan penelitian lapangan.

"Kita sudah surati Presiden RI dan Kementerian Lingkungan Hidup agar memberikan solusi terkait masalah ini, memeriksa lokasi," kata Bupati Nikson Nababan.

Video wawancara dengan warga;

Lubang Mengeluarkan Aroma Panas Bumi Tiba-tiba Muncul di Taput, 1 Petani Tewas dan 7 Orang Pingsan

Nikson Nababan mengaku saat menerima laporan Kepala Desa Banuaji IV pada 21 Oktober 2019 lalu, besok harinya OPD terkait langsung meninjau lokasi dan mengambil sampel.

Selanjutnya dibawa ke laboratorium untuk diperiksa dan tim ahli dari provinsi juga telah turun mengambil sampel.

"Mereka membenarkan adanya gas beracun pada lahan tersebut. OPD juga telah komunikasi dengan PT SOL (pengelola pembangkit listrik Sarulla) untuk turun ke lokasi dan menyatakan bahwa itu bukan dampak dari operasional PT SOL karena lokasi  tersebut jauh, "cetus Nikson.

Atas hal ini, Nikson Nababan juga memerintahkan OPD terkait untuk mendata lahan yang berdampak untuk selanjutnya diberikan bantuan sosial dan akan disediakan bibit tanaman bagi petani yang membutuhkan.

Halaman
1234
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved