Gebrakan Baru Pemkab Karo, Rencana Bentuk Desa Wisata di 35 Desa, Wisata Alam, Air hingga Sejarah

Contoh desa yang memiliki potensi wisata air berada di Desa Barung Kersap, Kalimbaru, Perbesi, Pola Tebu.

T R I B U N MEDAN/M Nasrul
Contoh objek wisata pemandian air panas, di Desa Semangat Gunung, Kecamatan Merdeka, Karo 

T R I B U N-MEDAN.com, KABANJAHE - Kabupaten Karo sudah sejak lama dikenal sebagai salah satu daerah wisata  di Sumatera Utara.

Namun, bagi sebagian orang dan wisatawan pastinya hanya mengetahui tempat-tempat atau objek wisata yang itu saja.

Sebagai daerah yang memiliki potensi melimpah, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Karo berupaya untuk mengembangkan daerahnya untuk memiliki objek wisata yang semakin beragam.

Nantinya, objek wisata ini akan dikembalikan lagi ke dalam lingkup desa.

Kepala Dinas (Kadis) Pemberdayaan Masyarakat Desa Abel Tarigan, mengungkapkan rencana pembentukan desa wisata ini sebenarnya sudah dibahas dalam rapat bersama beberapa waktu lalu. Dirinya mengatakan, rancangan ini juga bertujuan untuk meningkatkan sektor ekonomi yang berasal dari wisata hingga ke desa-desa.

"Sebenarnya potensi wisata di Karo ini potensi wisata sudah tidak terhitung, dan terkadang potensi yang ada di desa itu terkadang tidak disadari. Makanya ini inisiatif kita bersama untuk sama-sama membangun potensi yang ada di kita," ujar Abel, Minggu (23/2/2020).

Abel menjelaskan, selama ini bisa dilihat roda perekonomian yang berasal dari desa mayoritas dari sektor pertanian.

Untuk itu, dengan adanya rencana ini diharapkan perputaran ekonomi masyarakat yang berada di desa semakin terbantu dengan adanya pengembangan objek wisata.

"Inilah salah satu cara kita membantu proses percepatan ekonomi, dengan memanfaatkan semua yang ada di desa, mulai dari wisata," ucapnya.

Dirinya menyebutkan, hingga saat ini pihaknya masih berencana untuk mengembangkan potensi wisata yang ada di 35 desa yang tersebar di seluruh Kabupaten Karo.

Halaman
123
Penulis: Muhammad Nasrul
Editor: Salomo Tarigan
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved