News Video

TAHUKAH KAMU, Hari Ini Tepat 35 Tahun Silam PSMS Menang Atas Persib dan Juara Perserikatan

Sebelas pemain Persib Bandung, turun ke lapangan dengan trauma kekalahan menyesakkan di grandfinal Kompetisi Perserikatan Divisi Utama PSSI 1983.

TAHUKAH KAMU, Hari Ini Tepat 35 Tahun Silam PSMS Menang Atas Persib dan Juara Perserikatan

TRIBUN-MEDAN.com - Sabtu, 23 Februari 1985. Final ulangan PSMS Medan kontra Persib Bandung yang disaksikan lebih dari 100.000 penonton -- sumber lain menyebut 150.000 -- kembali terjadi.

Sebelas pemain Persib Bandung, turun ke lapangan dengan trauma kekalahan menyesakkan di grandfinal Kompetisi Perserikatan Divisi Utama PSSI 1983.

Kesebelas pemain itu adalah Sobur (kiper), Suryamin, Dede Iskandar, Robby Darwis, Adeng Hudaya (kapten), Bambang Sukowiyono, Adjat Sudradjat, Kosasih A., Suhendar, Iwan Sunarya, dan Wawan Karnawan.

Namun, dukungan hebat Bobotoh yang sejak Sabtu (23/2/1985) subuh mengalir ke Stadion Utama Senayan Jakarta, menguatkan tekad Adeng Hudaya dan kawan-kawan untuk mengakhiri paceklik gelar juara yang terakhir direbut PERSIB pada tahun 1961, 24 tahun sebelumnya.

Mereka berduyun-duyun dengan datang ke Senayan dengan harapan tim kebanggaannya bisa juara.

“Warga Jawa Barat sudah betul-betul rindu untuk bisa merebut piala kehormatan PSSI. Karena itu, PERSIB akan berjuang sekuat tenaga,” kata Ketua Umum Persib Bandung, Solohin GP, sebelum pertandingan grandfinal seperti dikutip dari Majalah Tempo, No. 01/XV, 2 Maret 1985.

Namun, harapan tinggal harapan. De javu, itulah kisah yang harus dilakoni Persib.

Dukungan hebat bobotoh tak mampu mengangkat moral para pemain.

Dipimpin wasit Djafar Umar, di babak pertama, Persib langsung tertinggal 0-2 oleh gol M. Sidik pada menit 14 dan 35.

Halaman
1234
Editor: M.Andimaz Kahfi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved