DETIK MENEGANGKAN Pesawat Mendarat Vertikal, Dua Pilot Airbus A380 Etihad Tuai Pujian

Dalam video yang viral di media sosial terlihat bagaimana pesawat berbadan besar itu berusaha mendarat nyaris vertikal karena menentang angin.

DETIK MENEGANGKAN Pesawat Mendarat Vertikal, Dua Pilot Airbus A380 Etihad Tuai Pujian
istimewa/tangkapan layar twitter
Pesawat Airbus A380 melakukan pendaratan luar biasa ditengah angin kencang di Bandara Heathrow, London, Sabtu (15/2/2020). Kedua pilot menuai pujian karena berhasil mendaratkan pesawat yang terbang dari Abu Dhabi dengan selamat. 

Dua pilot Etihad Airways menuai pujian setelah berhasil mendaratkan pesawat super jumbo Airbus A380 ditengah angin kencang di Bandara Heathrow London.

Dalam video yang viral di media sosial terlihat bagaimana pesawat berbadan besar itu berusaha mendarat nyaris vertikal karena menentang angin. 

Detik-detik pendaratan yang mendebarkan terlihat saat pesawat mendekati landas pacu dalam posisi miring tertiup angin kencang sebagai dampak dari Badai Dennis yang melanda kawasan tersebut.

Malaysia Krisis Politik, 37 Kursi Pakatan Harapan Lari ke Oposisi, Menohok Reaksi Menpora Syed

Mendung dan kabut tipis menyelimuti kawasan bandara.

Pilot yang tak disebutkan namanya menurunkan pesawat berbobot maksimum 560 ton tersebut dengan cepat sehingga terlihat seperti turun secara vertikal. 

Kedua pilot berusaha mengendalikan pesawat dengan teknik yang dikenal sebagai pendaratan kepiting,  yaitu sebuah manuver pendaratan ketika pilot secara manual mengendalikan pesawat yang terbang menentang angin kencang. 

Siswi SMK di Depok Dikeluarkan Gara-gara Tak Perawan Lagi, Penjelasan Kepsek dan Pengakuan Orangtua

Angin bertiup di kawasan bandara dilaporkan mencapai kecepatan 80 kilometer per jam dan mengakibatkan banyak penerbangan dibatalkan atau ditunda.

Sekurangnya ada 170 penerbangan dari dan ke Heathrow dibatalkan pada hari itu. 

Maskapai yang berbasis di Uni Emirat Arab mengonfirmasi pendaratan yang terekam video itu pesawat mereka yang terbang dari Abu Dhabi ke London, Sabtu (15/2/2020). 

Seorang pembaca koran Khaleej Times yang bernama Ayesha Munawar Shakir Taj memuji skill pilot pesawat tersebut. 

"Sungguh karya engineering luar biasa dan skill hebat dari pilot yang sangat berpengalaman.  Sungguh luar biasa mendaratkan pesawat sebesar itu dengan selamat dalam situasi itu," tulisnya. 

Halaman
1234
Editor: Azis Husein Hasibuan
Sumber: Warta kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved