Mengaku Menang Proyek 1000 Rumah Gunung Sinabung, Hasan Gelapkan Rp550 Juta

M Hasan (59), divonis hakim Pengadilan Negeri Medan dengan hukuman penjara 1 tahun 2 bulan.

Tribun Medan/Alif Harahap
M Hasan mendengarkan pembacaan vonis di Pengadilan Negeri Medan, Senin (24/2/2020). 

TRIBUN-MEDAN.com - M Hasan (59), divonis hakim Pengadilan Negeri Medan dengan hukuman penjara 1 tahun 2 bulan karena terbukti menipu dan menggelapkan dana pembangunan seribu rumah untuk pengungsi korban erupsi Gunung Sinabung.  

"Mengadili, menyatakan terdakwa terbukti secara sah melakukan tindak pidana penipuan, menjatuhkan pidana selama 1 Tahun 2 bulan,"  kata Hakim Ketua Erintua Damanik di ruang Cakra VI Pengadilan Negeri (PN) Medan, Senin (24/2/2020).

Majelis sependapat dengan Jaksa Penuntut Umum Randi Tambunan bahwa terdakwa bersalah dan telah menyalahi pasal 378 KUHP.

Sebelumnya, terdakwa dituntut oleh Jaksa dengan 1.5 tahun.

Hasan mengaku perusahaannya sebagai pemenang tender pembangunan rumah untuk pengungsi Sinabung untuk mendapatkan dana sebesar Rp550 juta dari korban, Taufik. 

Sesuai dengan kesepakatan terdakwa dengan saksi korban Taufik, uang yang dipinjamkan katanya untuk menambah modal mengerjakan proyek pembangunan seribu rumah korban letusan Gunung Sinabung dan akan dikembalikan terdakwa 20 hari kemudian.

Jaksa menanyakan soal bukti bahwasanya perusahaan yang dikelolanya memenangkan tender proyek tersebut. 

Namun dari fakta terungkap di persidangan, M Hasan tidak bisa menunjukkan bukti bahwa perusahaannya keluar sebagai  pemenang tender proyek tersebut. 

"Waktu itu setelah saya cek ke lapangan, proyeknya dialihkan ke pembangunan tower," ucap Hasan menjawab pertanyaan JPU Randi.

Hakim ketua Erintuah juga mencoba untuk mempertegas kembali tentang kebenaran keterangan terdakwa yang diperbuat sesuai dengan Bertia Acara Pemeriksaan ketika diperiksa di kepolisian.

Halaman
12
Penulis: Alif Al Qadri Harahap
Editor: Liston Damanik
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved