Masih Setahun Bekerja, Punya Rumah Lewat KPR BTN Tak Lagi Mimpi Semata

Bank Tabungan Negara melihat potensi besar dari generasi milenial yang belum memiliki rumah di Indonesia.

Masih Setahun Bekerja, Punya Rumah Lewat KPR BTN Tak Lagi Mimpi Semata
TRIBUN MEDAN/RISKY
KPR UNTUK GENERASI MILENIAL - Warga melintas di depan perumahan KPR-BTN bersubsidi yang baru dibangun di Griya Sirsak Sei Mencirin, Jalan Salomo Ginting, Kabupaten Deliserdang, Sumatera Utara, Selasa (25/02/2020). PT Bank Tabungan Negara (BTN) meluncurkan program pembiayaan perumahan untuk generasi milenial "KPR Gaess" yang baru diluncurkan dengan memberikan deposit murah dan angsuran dalam jangka 30 tahun sehingga mereka lebih mudah memiliki rumah.TRIBUN MEDAN/RISKI CAHYADI 

TRIBUN-MEDAN.com, MEDAN - M Reza Pahlevi tak dapat menyembunyikan kebahagiannya usai membubuhkan tanda tangan di akad kredit Kredit Pemilikan Rumah (KPR) di kantor Bank Tabungan Negara (BTN) cabang Medan. Air matanya hampir jatuh. Rumah adalah sebuah alasan yang membuat lulusan SMK Panca Budi Medan tahun 2015 itu begitu bahagia.  

Kepada Tribun-Medan.com yang menemuinya usai melakukan akad kredit, Rabu (29/1/2020) lalu, Reza bercerita, sudah empat tahun lamanya atau sejak lulus SMK dirinya memendam impian untuk dapat memiliki rumah sederhana. Tetapi baru kesampaian empat tahun kemudian atau saat ia sudah berumur 22 tahun.

Reza yang sehari-harinya bekerja sebagai mekanik mobil Gaharu Auto Service, Jl. Gaharu Medan bercerita, setelah lulus dari, dirinya yang semasa sekolah menumpang Praktik Kerja Lapangan (PKL) di Gaharu Auto Service langsung bekerja di tempat yang sama.

Genap setahun bekerja, Reza pun memberanikan diri untuk mengajukan KPR ke Bank BTN cabang Medan. Tetapi pengajuan Reza ditolak karena usianya saat itu masih 18 tahun. Sementara syarat minimal untuk mengajukan KPR  adalah minimal 21 tahun. Apa boleh buat, Reza pun harus bersabar menunggu hampir empat tahun lamanya.

Dan akhirnya, tanggal 29 Januari 2020, impian Reza pun tercapai. Dirinya berhasil memiliki rumah bersubsidi di Griya Sirsak Mencirim, kabupaten Deliserang seiring dengan penandatanganan akad kredit KPR BTN Subsidi. Reza mengambil satu unit rumah tipe 36 seharga Rp 123 juta dengan cicilan per bulan sekitar Rp 800 ribuan selama 20 tahun.

“Saya tak tahu mau bilang apa lagi, saya bahagia. Soalnya empat tahun juga saya harus bersabar menunggu karena umur belum mencapai 21 tahun,” kata Reza, Rabu (29/1/2020).

Reza mengaku, dirinya tak menunggu waktu yang lama untuk mengetahui apakah KPR yang ia ajukan diterima atau ditolak. “Ya, tak sampai seminggu. Kebetulan berkas-berkas yang dibutuhkan sudah lengkap, jadi prosesnya juga cepat. BTN sangat akomodatif membantu calon debitur mengajukan KPR. Persyaratan yang standar serta proses pengurusan pengajuan yang cepat dan tidak berbelit-belit membuat calon debitur yang ingin memiliki rumah tidak lagi sebatas mimpi,” katanya.

Reza adalah satu dari ribuan debitur milenial yang memiliki KPR di BTN cabang Medan. Wakil Kepala Cabang BTN cabang Medan,  Hari Purnomo mengatakan, sepanjang tahun 2019, tercatat ada 4.328 debitur yang memiliki KPR di BTN cabang Medan. Rentang usianya mulai dari 21 hingga 35 tahun. Jumlah ini, kata Hari, mencapai lebih dari 50 persen dari total keseluruhan debitur KPR BTN yang jumlahnya sebanyak 6.203 debitur.

“Angka ini menunjukkan bahwa yang paling banyak mengajukan dan memiliki KPR di BTN cabang Medan adalah generasi muda atau milenial,” kata Hari.

Hari menjelaskan, sebagai bank yang cukup fokus pada pembiayaan rumah bersubsidi, dari 6.203 debitur, maka KPR subsidi memang yang paling banyak diambil debitur yakni 5.963 debitur dan KPR non subsidi (komersil) sebanyak 240 debitur. Keberadaan milenial yang mendominasi KPR BTN dan rumah bersubsidi yang menjadi incaran milenial menjadi perhatian bagi manajemen BTN untuk terus melahirkan berbagai inovasi agar produk KPR BTN baik subsidi maupun non subsidi (komersil) menjadi pilihan utama milenial untuk memiliki rumah.

Halaman
123
Penulis: Alija Magribi
Editor: Truly Okto Hasudungan Purba
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved