Izin Umrah Dihentikan Sementara

BREAKING NEWS, Penutupan Umrah Sementara di Arab Saudi, Pengusaha Travel Medan Rugi hingga Miliaran

- Pemerintah Arab Saudi menghentikan sementara izin perjalanan ibadah umrah ke situs-situs suci Mekkah dan Madinah akibat penyebaran virus Corona.

Tribun-Medan.com/Victory Hutauruk
Pertemuan Asosisasi Muslim Travel Sumatera (Amtas) di Rumah Makan Wong Solo, Jalan Sei Batang Hari, Medan, Kamis (27/2/2020). 

TRIBUN-MEDAN.com, MEDAN - Pemerintah Arab Saudi menghentikan sementara izin perjalanan ibadah umrah ke situs-situs suci Mekkah dan Madinah akibat penyebaran virus Corona atau Covid-19 yang semakin meluas.

Dikutip dari arabnews.com, Kamis (27/2/2020), Dinas Kesehatan Arab Saudi mengambil langkah tersebut untuk menghindari penyebaran virus asal Wuhan, Hubei, China itu di tanah suci.

Selain menghentikan ibadah umrah sementara, Kerajaan Arab Saudi juga menolak beberapa visa dari negara yang ditenggarai kuat berpotensi menyebarkan virus Corona..

Menanggapi hal tersebut, Ketua Asosisasi Muslim Travel Sumatera (Amtas) Zainuddin menyebutkan bahwa penutupan sementara tersebut sangat merugikan pihak travel umrah.

Ia memberikan detail kerugian paling nyata adalah tiket pesawatdan hotel yang sudah di-booking, serta visa yang tak jadi terpakai.

"Informasi yang kita terima pihak Kerajaan Arab Saudi menunda kedatangan sejenak. Dampaknya tentu merugikan pelaku usaha, karena yang sudah boking tiket itu enggak bisa terbang. Kemudian visa yang sudah ready tempel tidak terpakai. Deposit hotel kita di Saudi juga sudah kita bayar," tuturnya saat pertemuan para travel umrah yang tergabung di Amtas di Jalan Sei Batang Hari, Medan, Kamis (27/2/2020).

Ia bahkan mengklaim kerugian mencapai miliaran rupiah dengan penutupan jemaah umrah tersebut.

'Atas kebijakan ini tentu kerugian yang besar dialami pihak travel. Kalkulasi mungkin kalau jumlahnya milaran," tuturnya.

Zainuddin menuturkan bahwa travel di bawah Amtas ada sekitar 400-an jemaah yang batal berangkat.

"Kalau melihat dari grup keberangkatan teman-teman. Dalam 1 Maret 2020 di satu biro ada 100 pack, ada 50 pack. Belum lagi di tanggal-tanggal berikutnya. Untuk kita saja di atas itu lebih kurang ada 400 pack," tambahnya.

Halaman
12
Penulis: Victory Arrival Hutauruk
Editor: Juang Naibaho
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved