Jangan Asal Pakai, Ini Cara Tepat yang Harus Dilakukan Ketika Mengenakan dan Membuka Masker

Amesh menambahkan, ketika masker tidak dipakai dengan benar, hal ini akan memicu masalah lain.

TRIBUN MEDAN/DANIL SIREGAR
Petugas KAI Divre I Sumatera Utara membagikan masker kepada para penumpang di Stasiun Kereta Api, Medan, Rabu (29/1/2020). Kegiatan bagi-bagi masker tersebut dilakukan untuk pencegahan dan antisipasi penyebaran virus corona terutama di lingkungan stasiun. 

Jangan Asal Pakai, Ini Cara Tepat yang Harus Dilakukan Ketika Mengenakan dan Membuka Masker 

TRIBUN-MEDAN.com- Belum adanya vaksin dan obat untuk melawan penyakit pernapasan ini, salah satu yang bisa Anda lakukan adalah dengan antisipasi diri.

Ketua Perhimpunan Dokter Paru Indonesia, Dr. dr. Agus Dwi Susanto, Sp.K(K) mengatakan, salah satu upaya pencegahan penularan virus corona adalah dengan memakai masker.

"Disarankan untuk menggunakan masker agar tidak menulari bagi yang sakit," kata Agus kepada Kompas.com, Jumat (24/1/2020).

4 Jenis Masker Ini Dipercaya Efektif untuk Mencegah Penularan Virus Corona

Dalam sebuah penelitian yang dilakukan selama wabah corona SARS berlangsung, para ahli menemukan bahwa penggunaan masker jenis apapun dapat mengurangi risiko infeksi pada pekerja perawatan kesehatan sebesar 85 persen.

Hal ini disampaikan oleh spesialis penyakit menular di McMaster University di Hamilton, Ontario, Mark Loeb.

"Pesan yang paling penting adalah risikonya lebih rendah jika mereka secara konsisten menggunakan masker jenis apapun," tuturnya.

Dokter Penyakit Menular di Johns Hopkins Center for Health Security, dr. Amesh Adalja menambahkan, masker dapat membantu menjaga tubuh agar tetesan cairan saat orang lain bersin atau batuk tidak mengenai kita.

Salah satu penyebaran virus corona, dikatakan ahli dapat melalui udara.

Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit AS (CDC) telah menginstruksikan pasien yang menderita demam dan sakit pernapasan dan baru saja bepergian dari Wuhan atau pernah melakukan kontak dengan warga Wuhan untuk menggunakan masker.

Ini Mitos Tentang Virus Corona yang Menyebar di Dunia Maya yang Meresahkan dan Tak Perlu Dipercaya

Halaman
1234
Editor: Ayu Prasandi
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved