Breaking News:

Kabupaten Toba Samosir Resmi Beralih Nama Jadi Kabupaten Toba, Identitas KTP Lama Tetap Berlaku

Presiden Joko Widodo menerbitkan Peraturan Pemerintah Nomor 14 Tahun 2020 Tentang Perubahan Nama Kabupaten Toba Samosir menjadi Kabupaten Toba.

sumaterakita.blogspot.com
Warga Kabupaten Toba Samosir memperlihatkan e-KTP 

Laporan Wartawan Tribun Medan, Arjuna Bakkara

TRIBUN-MEDAN.COM, TOBA - Presiden Joko Widodo menerbitkan Peraturan Pemerintah Nomor 14 Tahun 2020 Tentang Perubahan Nama Kabupaten Toba Samosir menjadi Kabupaten Toba.

Perubahan nama itu mendapat sambutan positif dari warga Tobasa.

"Ya, kita bersyukur. Ya contoh kecil seperti yang terjadi selama ini dalam hal pengiriman barang malah banyak yang salah alamat. Seharusnya barang itu dikirim ke Toba Samosir malah barangnya tiba di Kabupaten Samosir persoalan sepele kan," ujar Prengki Silitonga, di Kabupaten Toba, Rabu (4/9/2020).

Menurut Prengki, peralihan nama ini baik bagi warga Kabupaten Toba, meski memang penduduk Kabupaten Samosir dan Kabupaten Toba memiliki adat istiadat yang nyaris serupa. Namun, kata dia, identitas kedaerahan punya arti penting bagi masyarakat Batak.

Tokoh masyarakat adat Raja Bius Siopat Marga di Motung, Sabar Manurung menyampaikan hal serupa. Pergantian tersebut diharapkan menjadi momen yang baik bagi warga Toba khususnya masyarakat Adat Raja Bous Motung Siopat Marga seperti di Kecamatan Ajibata sehingga semakin diakui eksistensinya.

"Dengan pergantian nama ini, sesuai namanya Kabupaten Toba tentu jangan sampai masyarakat adat di Toba yang memiliki kebijakan adat mengatur hak ulayat terancam," ujar Sabar.

Sementara itu, Wakil Ketua DPRD Kabupaten Toba, Candrow Manurung, meyakini pergantian itu sudah dipersiapkan secara matang. Ia menyebutkan DPRD akan menanyakan jajaran Pemkab terkait persiapannya.

"Nanti kita tanya Bupati pada Paripurna apa saja yang telah disiapkan untuk mengganti ini. Kebijakan yang ditawarkan dari dewan belum ada karena itu ada pada DPRD periode lalu," sebut Candrow.

Sekda Kabupaten Toba, Audy Murphy Sitorus mengungkapkan, butuh waktu satu tahun ke depan untuk menuntaskan penyesuaian nama dan atribut serta persiapan momenklatur Kabupaten Toba.

Halaman
12
Penulis: Arjuna Bakkara
Editor: Juang Naibaho
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved