Breaking News:

Pesona Colorful Medan Hadirkan Hiburan Lintas Etnis

Pemerintah Kota Medan melalui Dinas Pariwisata Kota Medan menggelar Pesona Colorful Medan di Jalan Pulau Pinang Lapangan Merdek

TRIBUN MEDAN/RECHTIN
PENAMPILAN lintas etnis dan komunitas pada acara Pesona Colorful Medan yang diadakan Pemerintah Kota Medan melalui Dinas Pariwisata Medan di Jalan Pulau Pinang Lapangan Merdeka Medan, Sabtu (7/3/2020). 

TRI BUN-MEDAN.com, MEDAN - Pemerintah Kota Medan melalui Dinas Pariwisata Kota Medan menggelar Pesona Colorful Medan di Jalan Pulau Pinang Lapangan Merdeka Medan, Sabtu (7/3/2020) malam.

Acara ini menghadirkan penampilan dari dua etnis yang ada di Kota Medan yakni etnis Mandailing dan Melayu.

Selain penampilan dari dua  etnis tersebut, juga ada penampilan dari beberapa komunitas seperti Fixie Commnunity, Medan Blues Society, serta aksi beladiri dari perguruan pencak silat Merpati Putih.

Pada persembahan etnis Mandailing sebagai pembuka, tampak satu di antara para penari mengalungkan ulos khas Mandailing ke bahu Plt Wali Kota Medan Akhyar Nasution dan Kepala Dinas Pariwisata Medan Agus Suryono.

Usai menampilkan kesenian Mandailing sebagi pembuka sekaligus penyambunan pemimpin Kota, etnis Melayu juga tak lalah dengan penampilannya.

Para penari Melayu tampak dengan pakaian adat melayu yakni baju kurung dengan warna kuning.

Sementara itu, yang paling menyita perhatian pengunjung adalah penampilan beladiri Merpati Putih yang menunjukkan aksi mematahkan besi dan balok.

Mulai dari besi dua lapis hingga berlapis tiga. Begitupun balok, mulai dari satu balok hingga lima lapis balok yang dipatahkah dengan tangan kosong.

"Cukup menghibur acaranya. Terus kan tadi denger kalau ini sekaligus untuk menarik minat wisatawan untuk datang ke Medan. Cukup menarik dan meriahlah. Jadi kalau ada wisatawan yang mau lihat hiburan bernuansa etnis, tidak susah lagi mencarinya di Medan," ujar Lisa, satu di antara para pengunjung Pesona Colorful Medan kepada Tribun Sabtu (7/3/2020).

Akhyar Apresiasi Warga yang Antusias Saksikan Pesona Colorfull Medan

Senada dengan Lisa, Evi mengaku terhibur dengan acara Pesona Colorful Medan karena tidak hanya menyajikan penampilan dari satu etnis saja. Hal lainnya yang disenangi Evi adalah disediakan air gratis bagi pengunjung yang datang.

"Bagus acaranya, keren karena tidak hanya menampilkan satu etnis saja kan, jadi dapat mewakili bahwa Medan itu terdiri dari banyak etnis. Terus juga ada disediakan minum secara cuma-cuma untuk pengunjung yang haus tanpa menggunakan wadah plastik. Jadi lebih mengurangi sampah yang dihasilkan," ujar Evi.

Ketika ditanyai mengenai harapan, wanita berkerudung ini mengatakan dirinya berharap acara sejenis bisa terus dilakukan.

Ia juga berharap acara Pesona Colorful Medan ini bisa memberi dukungan terhadap komunitas yang ada di Kota Medan, memberi ruang bagi para pelaku Usaha Kecil dan Menengah, serta menjadi wadah edukasi bagi masyarakat mengenai keberagaman etnis yang ada di Kota Medan.

"Harapannya acara-acara seperti ini terus dilakulan, tapi enggak hanya untuk menghibur tapi bisa menjadi ruang apresiasi bagi komunitas-komunitas dan UKM. Juga jadi acara yang bisa mengedukasi masyarakat Medan tentang keberagaman suku dan budaya," pungkasnya.(cr14/tri bun-medan. com)

Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved