Travel

Jelajah Wisata Budaya, Perkenalkan Sisi Selatan Danau Toba kepada Tour Operator

Asosiasi Pelaku Pariwisata Indonesia (ASPPI) kembali menggelar Jelajah Wisata Budaya (JWB) Sumatera Utara (Sumut) II.

TRIBUN MEDAN/M ANIL
PANITIA Jelajah Wisata Budaya (JWB) II saat menjelaskan terkait kegiatan apa saja yang akan dilakukan di JWB II, Senin (9/3/2020). 

TRI BUN-MEDAN.com, MEDAN - Asosiasi Pelaku Pariwisata Indonesia (ASPPI) kembali menggelar Jelajah Wisata Budaya (JWB) Sumatera Utara (Sumut) II.

Kegiatan tahunan ini direncanakan akan diadakan sejak tanggal 18 hingga 21 Maret 2020 mendatang dan dilaksanakan di Balige.

Ketua Panitia Jelajah Wisata Budaya II, Erwin Lopolisa, mengatakan, pihaknya memilih Balige sisi selatan Danau Toba karena ingin semakin memperkenalkan serta mempromosikan sisi lain di selatan Danau Toba tersebut.

“Kami ingin mengajak para tour operator untuk dapat melihat langsung daerah tujuan wisata lainnya dan seni budaya sebagai sebuah alasan salah satu kesatuan atraksi pariwisata yang ada di Sumut,” ucap Erwin, Senin (9/3/2020).

JWB II direncanakan akan diikuti sekitar 100 tour operator atau buyers dari mancanegara dan nusantara di mana tujuannya adalah mengenalkan sisi lain dari Danau Toba secara langsung kepada para travel agent untuk dapat mereka promosikan secara baik kepada  para pelanggan.

“JWB II ini akan diikuti tour operator dari beberapa negara seperti Singapura, Malaysia, Thailand dan India. Yang sudah update untuk ikut dari Malaysia dan Thailand. Kemudian juga ada buyers dari Indonesia,” jelasnya.

Danau Toba Jadi Venue Cabor Ski Air Hadapi PON 2024

Para tour operator tersebut akan diajak mengunjungi Huta Ginjang yang merupakan salah satu spot terbaik menyaksikan keindahan Danau Toba.

Selanjutnya menuju lokal restaurant dan mengunjungi Taman Eden 100 yang merupakan sebuah kawasan hutan lindung yang menjadi salah satu tempat dengan berbagai tanaman langka seperti Andaliman dan selanjutnya menikmati buah nanas segar khas Sipahutar di Sibisa.

“Kami juga akan mengajak untuk mengunjungi The Caldera Nomade Escape yang merupakan tempat tujuan wisata baru dengan keindahan alam Danau Toba serta mengunjungi Bukit Tarabunga dan juga beberapa kunjungan lainnya,” ungkapnya.

Jelajah Wisata Budaya atau JWB telah dimulai sejak tahun 2018 lalu dan diadakan tepat di bulan Maret dan dilaksanakan di Sianjur Mulamula, Samosir serta Kota Medan.

Di tahun ini mengapa memilih Balige sisi selatan Danau Toba karena perjalanan ke daerah tersebut belum biasa walaupun memang namanya yang memang sudah booming, tetapi membawa wisatawan ke kawasan tersebut belum ada.

“Kemungkinan JWB ketiga kita bisa mencari tempat yang lain yang memang juga belum banyak dikunjungi wisatawan walau memang sudah banyak diketahui melalui sosial media tetapi belum banyak dikunjungi,” terangnya.

Jelajah Wisata Budaya memiliki konsep promosi wisata dengan mendatangkan langsung pelaku usaha yang berasal dari travel agent dari seluruh Indonesia dan mancanegara untuk menyaksikan secara langsung potensi dan keindahan wisata yang ada di Tobasa dan sekitarnya. 

Dengan begitu, mereka dapat memasarkannya di tempat asalnya secara baik. (cr23/tri bun-medan.com)

Penulis: Muhammad Anil Rasyid
Editor: Truly Okto Hasudungan Purba
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved