Breaking News:

Menuju Destinasi Wisata Dunia, Masjid Azizi Langkat dan Makam T Amir Hamzah Direnovasi

Pahlawan nasional T Amir Hamzah dan Masjid Azizi merupakan dua ikon sejarah tak terpisahkan. Kebanggaan masyarakat Sumatera Utara

Editor: Ismail
TRIBUN MEDAN/HO
Gubsu, Bupati serta Sultan Langkat di acara syukuran pemindahan mahkam T. Amir Hamzah di Masjid Azizi Tanjung Pura, Langkat, Sabtu (29/2/2020). 

Gubsu, Bupati dan Sultan Langkat Sepakat, untuk Sumut Bermartabat dan Langkat Religius

MEDAN.TRIBUNNEWS.com, LANGKAT - Pahlawan nasional T Amir Hamzah dan Masjid Azizi merupakan dua ikon sejarah tak terpisahkan. Kebanggaan masyarakat Sumatera Utara, terkhusus bagi masyarakat Kabupaten Langkat. Sebab keduanya merupakan bukti dari peradaban kemajuan Islam di Bumi Bertuah, pada masanya.

Hingga menjadikan Langkat wilayah yang aman, kondusif dan sejahtera untuk dijadikan tempat tinggal semua kalangan etnis, suku dan semua umat beragama, sebelum kedatangan para penjajah.

Bukti itu hingga kini masih terlihat, Langkat memiliki 14 etnis suku dan budaya serta 6  agama yakni Islam, Kristen, Protestan, Hindu, Budha dan Konghucu yang hidup tentram berdampingan.

T Amir Hamzah putra asli Langkat yang lahir pada 28 Februari 1911 meninggal di usia 35 tahun pada 20 Maret 1946, terkenal sebagai seorang penyair yang sajak puisinya mampu membangkitkan gelorah semangat perjuangan, adalah seorang muslim tauladan.

Masjid Azizi Tanjung Pura Kabupaten Langkat terlihat dari depan.
Masjid Azizi Tanjung Pura Kabupaten Langkat terlihat dari depan. (TRIBUN MEDAN/HO)

Terlihat bukan saja pada penampilannya yang selalu berpeci, namun juga dari sikap dan tutur kata yang santun, tegas, jujur dan berani, bak Saidina Ali.

Sementara, Masjid Azizi didirikan Sultan Langkat Haji Musa pada tahun 1899 dan diresmikan anaknya Sultan Abdul Aziz Djalil Rachmat Syah pada 13 Juni 1902. Merupakan bangunan bersejarah peninggalan dari  kejayaan Kesultanan Langkat, juga sebagai bukti nyata kemajuan dari peradaban Islam yang mencapai puncaknya.

Wajar saja, Gubernur Sumatera Utara H Edy Rahmayadi, Bupati Langkat Terbit Rencana PA dan Sultan Langkat Tuanku Azwar Djalil Rahmad Shah Al-Hajj. Bertiganya sepakat untuk perencanaan renovasi Masjid Azizi menuju destinasi wisata dunia, dimulai dari pemindahan makam T Amir Hamzah, untuk diperindah.  

Sebagai bentuk memuliakan dan penghormatan serta pemeliharaan bagi kedua ikon bersejarah yang tak ternilai milik bangsa ini, menuju Sumatera Utara yang bermartabat dan Kabupaten Langkat yang semakin religius.

Acara Pemindahan Makam

Halaman
123
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved