Virus Corona

Ahli Ungkap Tak Usah Buang Uangmu untuk 4 Alat Kesehatan Ini Agar Terhindar dari Virus Corona

perilaku menimbun barang atau membeli barang yang tidak dibutuhkan adalah respon alami saat seseorang tidak merencanakan apa yang sebenarnya dibutuhka

TRIBUN MEDAN/DANIL SIREGAR
Kepala Kantor Komisi Pengawas dan Persaingan Usaha (KPPU) Wilayah I Ramli Simanjuntak berbincang dengan warga saat melakukan sidak monitoring harga dan ketersediaan masker di salah satu toko alat kesehatan di Medan, Kamis (5/3/2020). Sidak KPPU tersebut dilakukan untuk menyikapi lonjakan harga dan kelangkaan ataupun penimbunan pasokan masker terkait virus Corona (COVID-19). 

Ahli Ungkap Tak Usah Buang Uangmu untuk 4 Alat Kesehatan Ini Agar Terhindar dari Virus Corona

TRIBUN-MEDAN.com- Bersiap-siap dengan hal-hal penting sangat disarankan, entah Anda secara pribadi terjangkit virus corona maupun sebaliknya.

Anda juga disarankan untuk melakukan pemeriksaan berkala terhadap obat-obatan yang Anda miliki untuk memastikan pasokan obat memadai, termasuk obat penghilang rasa sakit, obat batuk, dan obat pilek.

Jangan lupa, jaga pula peralatan P3K di rumah untuk mengobati cedera umum.

JANGAN PANIK, Lakukan Self Isolation dan Self Monitoring Jika Alami Gejala Virus Corona

Namun, perlukah semua orang untuk menimbun barang padahal dia tahu tidak membutuhkannya sebanyak itu?

Pandemik Planner dan Pakar Manajemen Krisis Regina Phelps mengatakan, perilaku menimbun barang atau membeli barang yang tidak dibutuhkan adalah respon alami saat seseorang tidak merencanakan apa yang sebenarnya mereka butuhkan.

"Jadi saat ini, orang-orang melakukan hal-hal yang sangat konyol, ” kata Regina Phelps, dikutip CNBC, Minggu (15/3/2020).

Regina bilang, barang-barang yang langkah itu bisa sangat mahal, dan seharusnya seseorang tidak perlu membelinya banyak-banyak bila tidak diperlukan untuk mencegah kelangkaan.

Phelps, seorang pendiri Solusi Manajemen Darurat dan Keselamatan di San Francisco, berpengalaman memberikan nasehat kepada perusahaan seperti Whole Foods, Nike, dan Starbucks mengenai rencana manajemen krisis (termasuk kemungkinan pandemi) menyarankan Anda untuk tidak membuang-buang uang saat pandemi untuk hal berikut:

1. Makanan yang tidak biasanya Anda makan

Halaman
123
Editor: Ayu Prasandi
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved