Breaking News:

Sudah Ratusan Tahun Dibudidayakan, Gambir Kualitas Terbaik Pakpak Bharat Menanti Pengakuan Dunia

Pakpak Bharat memang salah satu lumbung gambir Sumut. Mutu gambir yang dihasilkan diklaim mampu mengalahkan kualitas gambir asal Sumbar.

Tribun-Medan.com/Dohu Lase
Direktur PD Pakpak Agro Lestari, Tigan Solin menunjukkan getah gambir Pakpak Bharat hasil olahan BUMD yang dipimpinnya, Minggu (15/3/2020). (TRIBUN MEDAN / DOHU LASE) 

Laporan Wartawan Tribun Medan / Dohu Lase

ENAM panci besar dan satu alat pemampat menganggur di kilang Perusahaan Daerah (PD) Pakpak Agro Lestari (PAL), Kabupaten Pakpak Bharat, Minggu (15/3/2020). Maklum saja, hari itu para pekerja libur.

Di kilang ini, rata-rata 30 sampai 40 ton daun gambir dari petani diolah setiap bulan. Daun-daun gambir direbus, lalu dipres untuk diambil getahnya.

Getah gambir inilah yang kerap yang digunakan sebagai campuran sirih.

Pakpak Bharat memang salah satu lumbung gambir Sumut.

Mutu gambir yang dihasilkan diklaim mampu mengalahkan kualitas gambir asal Sumatera Barat (Sumbar), sebab memiliki kadar katekin lebih tinggi, mampu mencapai 90 persen dari berat getahnya.

Penjualannya pun tembus hingga ke India. Sayangnya, gambir Pakpak Bharat yang super ini hanya terkenal di tanah sendiri.

"Jenis daun gambir yang diolah di sini adalah daun yang sudah tua, karena hanya daun tua yang mengandung banyak getah. Sementara, daun yang muda lebih ke produk pangan, seperti teh," ujar Direktur PD PAL, Tigan Solin, saat berbincang dengan Tri bun-Medan.com hari itu.

Sebelumnya, Solin mengajak awak Tribun Medan ke Kantor PD PAL di kompleks perkantoran Pemkab Pakpak Bharat. Di sana, Solin memperlihatkan berbagai macam hasil olahan gambir.

Ada getah gambir yang dicetak bulat dan kotak, kemudian zat tanin yang sudah beku dan dicetak kubus, gambir seduh, suplemen makanan dari serbuk katekin gambir, dan tinta penanda jari untuk pemilu.

Halaman
123
Penulis: Dohu Lase
Editor: Juang Naibaho
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved