Upaya Tangkal Corona di Sumut

Wakil Ketua DPRD Medan Minta Pemko Gencarkan Sosialisasi Terkait Virus Corona

Wakil Ketua DPRD Kota Medan, Rajuddin Sagala meminta agar Pemko Medan lebih gencar mensosialisasikanpencegahan penyebaran virus corona di Medan.

TRIBUN MEDAN/GITA
WAKIL Ketua DPRD Kota Medan, Rajuddin Sagala 

TRI BUN-MEDAN.com, MEDAN -  Wakil Ketua DPRD Kota Medan, Rajuddin Sagala meminta agar Pemko Medan lebih gencar mensosialisasikan bagaimana tata cara pencegahan penyebaran virus corona di Medan. 

Hal ini  mengingat erkembangan wabah virus Corona (Covid-19) semakin meluas di beberapa provinsi di Indonesia. 

Ia mengatakan sosialisasi tersebut tidak dapat hanya dilakukan sebatas imbauan di sosial media saja.

Namun harus gencar turun ke kelurahan ataupun kecamatan agar pengetahuan seputar virus tersebut, juga dapat dipahami oleh orangtua yang notabenenya jarang menggunakan sosial media.

"Pemko khususnya dinas terkait terutama Dinas Kesehatan(Dinkes) termasuk Dinas Pemberdayaan Perempuan, Ketahanan Pangan dan lainnya lebih sering memberikan sosialisasi pada masyarakat agar warga tidak resah. Terutama memberikan informasi cara pencegahan virus Corona," katanya.

Politisi Partai Keadilan Sejahtera tersebut mengatakan banyak hal kreatif lainnya yang dapat dilakukan Pemko Medan, agar masyarakat merasa terlindungi sehingga tidak muncul kepanikan yang berlebih.

Ia mengatakan kepanikan tersebut justru dapat menimbulkam kekacauan dari sisi lainnya.

"Pemko maunya lebih sering lagi, memberikan pelatihan singkat langkah-langkah cara menangani virus tersebut di rumah, kantor maupun di tengah orang ramai. Selain itu bisa pula membuat tempat posko pengaduan 24 jam terutama di Puskesmas Pembantu (Pustu) agar jika warga menemukan indikasi tanda corona dapat segera diatasi dan ditangani sehingga tidak menyebar," katanya.

Diduga Suspect Corona, Dua Pasien Dalam Pengawasan Diisolasi di RS Adam Malik

Sejauh ini, kata Rajuddin, Pemko Medan belum memberikan pemahaman yang jelas kepada warga bagaimana menangani seseorang yang terkena corona.

"Selama ini Pemko belum kelihatan memberikan pemahaman yang baik pada warga sehingga masih banyak masyarakat belum tau indikasi terkena virus corona, maupun bagaimana cara memberikan pertolongan pertama, serta cara pencegahan juga penanggulangannya," katanya.

Ia mengatakan hal penting lainnya yang perlu disosialisasikan kepada masyarakat adalah apabila ada suspect Corona di lingkungan mereka, tidak perlu mengucilkan. 

Sebab katanya banyak pasien di luar negeri maupun di Indonesia yang sembuh dari wabah tersebut.

"Memberikan pemahaman pada warga agar yang terkena virus corona diperhatikan untuk segera ditangani. Tidak perlu harus dijauhi secara berlebihan. Intinya kita juga warga Medan diharapkan tetap menjaga pola hidup agar tetap sehat dan fit. Jika ditemukan indikasi segera berobat supaya kita dapat mengantisipasi menyebarnya virus tersebut," pungkasnya.(cr21/tri bun-medan.com)

Penulis: Gita Nadia Putri br Tarigan
Editor: Truly Okto Hasudungan Purba
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved