Pemko Medan Belum Ambil Kebijakan Libur, Akhyar Minta Warga Tunggu Hasil RS Adam Malik Besok

Pemko Medan Belum Ambil Kebijakan Libur, Akhyar Minta Warga Tunggu Hasil RS Adam Malik Besok

TRIBUN MEDAN/GITA TARIGAN
Rapat koordinasi upaya pencegahan dini, dan penularan serta meminimalisir penyebaran Covid 19 di Kota Medan, yang diselenggarakan di Kantor Walikota Medan, Jalan Kapten Maulana Lubis Nomor 2, P etisah Tengah, Senin (16/3/2020). 

TRI BUN-MEDAN.com - Pelaksana tugas (Plt) Wali Kota Medan Akhyar Nasution mengatakan kota Medan belum menetapkan status libur baik itu sekolah, jajaran ASN, maupun masyarakat para pekerja.

Hal tersebut diputuskan karena melihat situasi kota Medan yang masih negatif virus corona atau Covid 19.

Ia mengatakan status kota Medan masih Siaga Darurat sehingga pertimbangan tersebut pun diambil.

"Itu kan masih belum kita putuskan terkait liburan, karena kita masih melihat keputusan perkembangan penyebaran wabah tersebut di kota Medan. Nanti kita lihat perkembangannya kalau memang eskalasinya meningkat, itu (libur) akan kita lakukan. Tapi saat ini skala kita kan belum meningkat sehingga belum kita lakukan. Jadi sekolah maupun ASN masih bekerja seperti biasa," katanya usai memimpin rapat koordinasi upaya pencegahan dini, dan penularan serta meminimalisir penyebaran Covid 19 di Kota Medan, yang diselenggarakan di Kantor Wali Kota Medan, Senin (16/3/2020)

Meski demikian, kata Akhyar status tersebut akan berkembang sesuai dengan status tiga orang pasien yang sedang diisolasi di Rumah Sakit Adam Malik.

Adapun ketiga pasien di RS Adam Malik saat ini berstatus Pasien Dalam Pengawasan (PDP).

Akhyar mengatakan hasil ketiga orang tersebut apakah positif atau tidak dapat diketahui esok hari, sehingga keputusan penyesuaian akan kembali diambil oleh pemko.

Akhyar mengaku telah memberikan arahan kepada semua Lurah dan Kepala Lingkungan (Kepling) serta puskesmas untuk meninjau masyarakat di wilayahnya masing-masing, agar dapat mendeteksi Virus Corona (COVID-19) sejak dini.

"Kita tidak perlu panik dalam menghadapi virus Corona karena sampai saat ini tidak ada laporan adanya pasien yang terjangkit virus Corona. Saya juga telah menginstruksikan kepada semua Lurah, Kepling dan puskesmas agar terus memantau masyarakatnya di wilayah masing-masing dan sampai saat ini tidak ada laporan akan adanya warga yang terjangkit virus Corona tersebut," katanya

Akhyar juga meminta kepada seluruh masyarakat Kota Medan agar selalu mencuci tangan serta menjaga kebersihan masing-masing.

"Mari bersama kita mencuci tangan dan menghindari kontak fisik yang tidak diperlukan serta menjaga kebersihan lingkungan kita masing-masing," pungkasnya

(cr21/tribun-medan.com)

Penulis: Gita Nadia Putri br Tarigan
Editor: Juang Naibaho
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved