Cegah Penyebaran Virus Corona, Kodim 0205/TK Semprotkan Disinfektan di Lingkungan Makodim

Komando Distrik Militer (Kodim) 0205/TK, melakukan penyemprotan cairan disinfektan ke seluruh lingkungan Makodim, Jalan Jamin Ginting,

TRIBUN MEDAN/M NASRUL
PERSONIL Kodim 0205/TK, melakukan penyemprotan cairan disinfektan ke seluruh lingkungan Makodim, Jalan Jamin Ginting, Berastagi, Kamis (19/3/2020). 

TRI BUN-MEDAN.com, BERASTAGI - Komando Distrik Militer (Kodim) 0205/TK, melakukan penyemprotan cairan disinfektan ke seluruh lingkungan Makodim, Jalan Jamin Ginting, tepatnya di Desa Raya, Berastagi, Kamis (19/3/2020).

Diketahui, aksi ini dilakukan untuk mencegah terjadinya penyebaran virus Corona yang semakin meluas.

Dandim 0205/TK Letkol Inf Taufik Rizal, mengungkapkan tindakan ini merupakan upaya perlindungan diri seluruh warga Kodim 0205/TK dari virus Corona.

Dirinya menyebutkan, pada penyemprotan kali ini dilakukan oleh personel dan pihaknya juga bekerjasama dengan petugas kesehatan Kodim.

"Ini memang bagian dari pencegahan kita, kita tau sendiri ilustrasi penyebaran virus dengan jenis Covid-19 ini, mau tidak mau kita harus cepat mencegahnya mulai dari lingkungan kita sendiri, dan dilanjutkan dengan lingkungan luar," ujar Taufik.

Taufik menjelaskan, pihaknya melakukan penyemprotan ke seluruh lingkungan Makodim. Mulai dari gedung perkantoran, pos jaga, hingga ke titik-titik yang biasa digunakan personel dalam beraktivitas.

"Dan penyemprotan kita lanjutkan juga ke perumahan anggota kita. Selanjutnya, akan kita sebarkan juga ke seluruh Koramil kita yang tersebar di sembilan lokasi," ucapnya.

Kapan Virus Corona Berakhir? Begini Jawaban Ustaz Abdul Somad Tentang Kapan Datang & Berakhir Wabah

Ia mengaku, penyemprotan yang dilakukan kali ini menggunakan cara yang cukup sederhana. Dengan menggunakan cairan pembersih dan dicampur dengan air.

Pantauan tri bun-medan.com, pada saat melakukan penyemprotan petugas terlihat menggunakan alat pelindung diri.

Meskipun terlihat sederhana, namun petugas tetap melindungi diri dengan menggunakan helm sebagai penutup kepala, dan menggunakan pelindung badan yang terbuat dari bahan plastik.

Selain melakukan penyemprotan di lingkungan Kodim dan Koramil, pihaknya juga berencana akan melakukan sosialisasi kepada masyarakat tentang bahaya penyebaran virus ini.

Dirinya menyebutkan, nantinya pihaknya akan menggandeng Dinas Kesehatan untuk memberikan penyuluhan kepada masyarakat.

"Harapan kita masyarakat akan melakukan kegiatan yang serupa di lingkungannya. Dan nanti kita akan menggandeng Dinas Kesehatan Kabupaten dan petugas kesehatan kita dari Angkatan Darat, untuk bersama-sama kita mencegah penyebaran virus corona di Kabupaten Karo," katanya.

Dirinya mengimbau kepada masyarakat untuk tetap tenang, kemudian dirinya mengajak masyarakat untuk tetap menjaga pola hidup bersih dan sehat, dengan cara sederhana rajin mencuci tangan. Selanjutnya, dirinya meminta masyarakat agar mengurangi aktivitas yang melibatkan orang banyak.

"Kemudian saran saya kepada pemerintah daerah, mungkin kami sarankan untuk diliburkan. Karena mungkin pengetahuan adik-adik kita ini terhadap virus ini terbatas, makanya kami sarankan untuk diliburkan dulu," pungkasnya. (cr4/tri bun-medan.com)

Penulis: Muhammad Nasrul
Editor: Truly Okto Hasudungan Purba
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved