Breaking News:

Kebakaran Hutan Kaldera Toba Kembali Terjadi di Dairi, Warga Minta Polisi Kejar Pelakunya

Untuk ke sekian kalinya, hutan tangkapan air di perbukitan Danau Toba, Kecamatan Silahisabungan, Kabupaten Dairi, kembali terbakar. Kali ini di Dusun

TRI BUN MEDAN / DOHU LASE
Sejumlah warga beraktivitas di bawah lahan hutan terbakar, Dusun I, Desa Paropo, Kecamatan Silahisabungan, Kabupaten Dairi, Kamis (18/3/2020). 

Laporan Wartawan Tri bun Medan / Dohu Lase

TRI BUN-MEDAN.COM, DAIRI - Untuk ke sekian kalinya, hutan tangkapan air di perbukitan Danau Toba, Kecamatan Silahisabungan, Kabupaten Dairi, kembali terbakar. Kali ini di Dusun I, Desa Paropo.

Kebakaran terjadi pada Rabu (18/3/2020) malam. Sekitar 10 hektare lahan hangus. Beruntung, tak ada areal pertanian yang terdampak.

Areal hutan terbakar berisi vegetasi rumput ilalang dan pepohonan pinus. Menurut warga sekitar, titik api diketahui muncul sekitar pukul 19.00 WIB. Api mati sendiri keesokan harinya, Kamis (19/3/2020) sekitar pukul 06.30 WIB.

"Saya pulang jam 19.00 WIB dari ladang, api sudah muncul dari arah sana," kata Lamhot Sinaga, seorang warga setempat sambil menunjuk ke arah perbatasan Desa Paropo - Desa Silalahi III.

Lamhot mengaku, tak tahu penyebab kebakaran. Ia sendiri pun heran, kebakaran sering terjadi secara misterius di Silahisabungan.

"Pernah dua tahun yang lewat, lahan di depan rumah saya ini terbakar tengah malam. Padahal, saya enggak ada bikin api. Kendaraan enggak ada yang melintas," kata Lamhot.

Menurut dia, hutan tak mungkin sengaja penduduk Silahisabungan, sebab hal itu merugikan mereka.

"Ah, enggak mungkin (disengaja). Itu kerugian sama kami orang kampung sini, karena serangga dari atas jadi turun ke bawah (areal permukiman/ladang)," ujar Lamhot yang ditemui Tribun Medan, Kamis (19/3/2020).

Hal senada juga dikatakan Hermanto Situngkir, warga setempat lainnya.

Halaman
12
Penulis: Dohu Lase
Editor: Juang Naibaho
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved