Wajib Dicoba Ini Khasiat Temulawak, Dipercaya Ampuh Tangkal Virus Corona

Membuat jamu temulawak sendiri juga sangat mudah, namun kamu terlebih dahulu harus membedakannya dengan kunyit (Curcuma domestica).

Halosehat.com
Temulawak dipercaya bisa tangkal Virus Corona 

Wajib Dicoba Ini Khasiat Temulawak, Dipercaya Ampuh Hadapi Virus Corona

TRIBUN-MEDAN.com- Temulawak atau Curcuma xanthorrhiza Roxb memang merupakan tanaman dari suku temu-temuan (Zingiberaceae) yang sudah banyak dimanfaatkan sebagai obat tradisional.

Tanaman ini banyak ditemukan di daerah tropis seperti Indonesia dan rimpangnya dapat membesar alias gemuk saat ditanam di tanah yang gembur.

Membuat jamu temulawak sendiri juga sangat mudah, namun kamu terlebih dahulu harus membedakannya dengan kunyit (Curcuma domestica).

Di Tengah Ancaman Virus Corona, Atlet Atletik Sumut Pramoedya Tetap Berusaha Fokus Latihan

Keduanya sama-sama berbentuk rimpang, hanya saja bentuk temulawak lebih gempal serta warna dagingnya lebih cerah dari kunyit yang bentuknya panjang dengan warna daging oranye pekat.

Kandungan temulawak Temulawak terkenal karena kandungan kurkumin yang memang membawa banyak manfaat bagi kesehatan manusia.

Namun, tanaman rimpang ini juga terbukti memiliki kandungan lain yang sama baiknya, seperti zat tepung dan minyak atsiri, yang dipercaya dapat meningkatkan kerja ginjal serta bersifat antiinflamasi.

Minyak atsiri pada temulawak sendiri terdiri atas zat-zat seperti d-kamfer, siklo isoren, mirsen, tumerol, xanthorrhizol, zingiberen, dan zingeberol.

Temulawak juga mengandung serat kasar, abu, protein, dan mineral meski dalam jumlah yang lebih sedikit.

Kandungan lain yang tidak bisa diremehkan dari temulawak adalah antioksidan, seperti flavonoid, fenol dan kurkumin.

Halaman
123
Editor: Ayu Prasandi
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved