News Video

Anggota Pemuda Pancasila Serahkan Elang Brontok ke BBKSDA

Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) wilayah satu Sumatera Utara (Sumut), menerima penyerahan burung elang brontok dari warga Kabanjahe

Anggota Pemuda Pancasila Serahkan elang brontok ke BBKSDA

TRI BUN-MEDAN.com - Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) wilayah satu Sumatera Utara (Sumut), menerima penyerahan burung elang brontok dari warga Kabanjahe.

Seperti diketahui, jenis burung yang juga memiliki nama Changeable Hawk Eagle (CHE) ini, merupakan salah satu jenis satwa yang dilindungi.

Penyerahan ini, diberikan secara langsung oleh Tokyo Karo Sekali kepada petugas bagian konservasi BBKSDA, di Kantor organisasi kepemudaan Pemuda Pancasila, di Jalan Muma Purba, Kabanjahe, Jumat (20/03/2020) siang.

Proses penyerahan diterima secara langsung oleh Kepala Seksi Konservasi Wilayah I Sidikalang Tuahman Tarigan.

Menurut informasi dari Tokyo, elang tersebut didapatkannya dari seorang warga yang memberikan hewan ini kepadanya. Dirinya menyebutkan, elang ini sudah dirawatnya sekitar enam bulan terakhir.

"Sudah hampir enam bulan lah elang ini kita rawat, dulu ada yang bawa elang ini ke sini pakai karung goni. Karena kasihan kita, makanya kita rawat saja di sini. Elang ini kita kasih nama Rambo," ujar Tokyo.

Pria yang juga menjabat sebagai Ketua Pemuda Pancasila Kecamatan Kabanjahe ini mengaku, awalnya dirinya tidak mengetahui jika hewan tersebut ternyata masuk ke dalam kategori dilindungi. Setelah ia mengetahui hal tersebut, dirinya langsung berniat untuk mengembalikan hewan ini ke habitatnya dengan bantuan dari BBKSDA.

"Ya awalnya kita enggak tau kalau elang ini dilindungi, setelah ada yang kasih tau, baru kita mengerti. Kemudian langsung kita hubungi BBKSDA untuk menjemput elang ini," ucapnya.

Mendapatkan adanya laporan dari warga ini, Tuahman sangat memberikan apresiasi tentang kesadaran yang dimilikinya. Dirinya menyebutkan, dengan adanya laporan ini tentunya sangat membantu populasi satwa yang dilindungi di habitat aslinya. Pasalnya, sampai saat ini populasi seluruh jenis elang sudah semakin turun dan menjadikannya sebagai satwa yang dilindungi.

Halaman
12
Penulis: Muhammad Nasrul
Editor: Hendrik Naipospos
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved