Breaking News:

Pasien Positif Corona di Sumut

Jumlah ODP Covid-19 di Dairi Bertambah Jadi 18 Orang, Dinkes Ungkap di Antaranya TKI dari Malaysia

12 lainnya adalah warga Dairi yang baru pulang dari sejumlah kota besar di Indonesia, yang terdapat warga PDP Covid-19

TRI BUN MEDAN/RISKI CAHYADI
Petugas medis membawa Pasien Dalam Pengawasan (PDP) COVID-19 ke dalam ruang infeksius RSUP Adam Malik, Medan, Sumatera Utara, Rabu (18/3/2020). 

TRI BUN-MEDAN.COM, DAIRI - Jumlah warga Kabupaten Dairi terindikasi Covid-19 dan masuk dalam pantauan Dinas Kesehatan bertambah menjadi 18 orang.

Sebelumnya, hanya satu.

Sekretaris Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Dairi, Fris Turnip mengatakan, enam di antara 18 itu adalah TKI yang baru pulang dari Malaysia.

Cegah Covid-19, Polda Sumut Bagikan Hand Sanitizer, Diracik Tim Labfor Polda Sumut

Artis Donita Beberkan Pengalaman Pakai Peralatan Perang saat Keluar Rumah demi Cegah Virus Corona

Keberadaan mereka tersebar di Kecamatan Siempat Nempu, Kecamatan Siempat Nempu Hulu, Kecamatan Lae Parira, dan Kecamatan Silima Pungga-Pungga.

Sementara, 12 lainnya adalah warga Dairi yang baru pulang dari sejumlah kota besar di Indonesia, yang terdapat warga PDP Covid-19.

"Semuanya dalam status OPD (Orang Dalam Pantauan), dipantau ketat oleh petugas puskesmas di masing-masing kecamatan itu. Ke-18 ODP ini, termasuk di dalamnya keluarga serumah PDP (Pasien Dalam Pengawasan) asal Dairi," ungkap Fris saat ditemui Tribun Medan, Jumat (20/3/2020).

Fris mengatakan, PDP terkait Covid-19 asal Desa Belang Malum masih berada di RSUP H Adam Malik, Medan. Soal statusnya kini apakah positif atau negatif, ia tidak tahu.

"Statusnya belum suspect, masih PDP. Belum tahu apakah positif atau negatif (Covid-19)," ujar Fris.

Sebagai upaya pencegahan, lanjut Fris, Dinas Kesehatan Dairi telah melakukan disinfeksi terhadap lokasi tempat tinggal para ODP tersebut, serta mengimbau mereka untuk tidak keluar rumah.

"Para ODP sudah kita sambangi dan kita periksa. Hasilnya, mereka masih belum mengalami gejala-gejala klinis Covid-19. Rumah tinggal mereka juga sudah kita semprotkan disinfektan," tutur Fris mengakhiri.

Halaman
1234
Penulis: Dohu Lase
Editor: Salomo Tarigan
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved