Breaking News:

Bantu Cegah Penyebaran Covid-19, Komunitas Relawan Nusantara Semprotkan Disinfektan ke Belawan

Pandemi virus Covid-19 saat ini menjadi kekhawatiran masyarakat, termasuk di daerah Sumatera Utara.

TRIBUN MEDAN/HO
DOKUMENTASI kegiatan Relawan Nusantara dalam kegiatan penyemprotan disinfektan untuk mengantisipasi virus Covid-19 di beberapa titik di Belawan, Jumat (20/3/2020). 

TRI BUN-MEDAN.com, MEDAN - Pandemi virus Covid-19 saat ini menjadi kekhawatiran masyarakat, termasuk di daerah Sumatera Utara.

Beberapa langkah antisipasi dilakukan untuk mencegah penyebaran semakin luas dengan melakukan penyemprotan disinfektan oleh Relawan Nusantara di beberapa titik di Belawan, Jumat (20/3/2020).

Relawan Nusantara melakukan disinfektan di lima titik tempat, diantaranya SMA HangTuah Belawan, Kantor Camat Belawan, Gereja GBKP, SMK Muhammadiyah Belawan, dan Kantor Lurah Belawan I.

Relawan RN Medan, Muhammad Ihsan Ritonga mengungkapkan bahwa hal yang melatarbelakangi kegiatan penyemprotan disinfektan ini merupakan sebagai bentuk pencegahan virus.

"Tentunya yang melatarbelakangi kegiatan relawan kita hari ini karena panggilan umat ya. Bergerak cepat dalam pencegahan menyebarluasnya virus Covid-19 yang saat ini sedang melanda Indonesia khususnya kota Medan," ungkap Ihsan.

Ihsan menuturkan bahwa dalam melaksanakan kegiatan ini, Relawan Nusantara menurunkan 11 tim relawan yang pada hari pertama fokus ke dua titik yaitu SMA HangTuah Belawan dan Kantor Camat Medan Belawan.

"Perihal Relawan Nusantara hari ini melakukan penyemprotan disinfektan, Relawan Nusantara menerjunkan 11 relawan dalam aksi penyemprotan disinfektan. Kegiatan penyemprotan ini kita bagi beberapa tim untuk dua lokasi karena fokus kita ada di dua titik pertama yaitu di sekolah SMA Hangtuah Belawan dan kantor camat Medan Belawan," ujarnya.

Sama seperti masyarakat yang khawatir akan terkena dampak virus Covid-19 ini, Ihsan awalnya sempat khawatir. 

Namun karena memiliki peralatan yang lengkap akhirnya kekhawatiran itu hilang.

Lawan Covid-19, Relawan Gereja Semprotkan Disinfektan ke Beberapa Rumah Ibadah

"Namanya juga manusia. Namanya khawatir pasti ada, tapi persiapan kami sudah safety, alat perlengkapan diri kami pun sudah lengkap. Selain itu keinginan kami membantu untuk sesama, maka kekhawatiran kami telah hilang," kata Ihsan.

Dalam penyemprotan disinfektan ini, Ihsan menuturkan bahwa relawan menyemprotkan sebanyak satu kali dan harus steril selama 2 hingga 3 jam.

Halaman
12
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved