Breaking News:

Warga Sumut Punya Riwayat ke Negara Terjangkit Corona? Melaporlah ke Nomor Berikut

Dinas Kesehatan Sumut menegaskan agar warga yang memiliki riwayat bepergian ke luar negeri daerah terjangkit Corona agar melaporkan diri.

Penulis: Victory Arrival Hutauruk | Editor: Truly Okto Hasudungan Purba
TRIBUN MEDAN/VICTORY
DINAS Kesehatan Sumut meminta warga yang memiliki riwayat bepergian ke luar negeri daerah terjangkit Corona untuk melaporkan diri kepada pihaknya. 

TRI BUN-MEDAN.com, MEDAN - Dinas Kesehatan Sumut menegaskan agar warga yang memiliki riwayat bepergian ke luar negeri daerah terjangkit Corona agar melaporkan diri kepada pihaknya untuk didata.

Kadis Kesehatan Provinsi Sumut, Alwi Mujahit Hasibuan meminta para warga Sumut yang pernah memiliki riwayat berpergian ke negara terjangkit bisa melapor ke Call Center 0821-6490-2482 atau Media Center Gugus Tugas 0852-6131-7122.

"Kepada seluruh rekan-rekan yang pernah atau sedang atau beberapa hari yang lalu berkunjung ke daerah terjangkit silakan melapor ke kita atau ke pelayanan kesehatan terdekat untuk bisa kami catatkan dan bisa kami awasi dan masuk dalam orang dalam pengawasan (ODP) dengan demikian kita akan berkontribusi dalam memutus rantai penularan ini," tegasnya saat konferensi pers.

Polda Sumut Bersihkan Eks SPN Sampali, Direncanakm Untuk Ruangan Isolasi Pasien Covid-19

Ia juga meminta kepada setiap orang yang pernah memiliki kontak kepada pasien positif 01 dan 02 di Sumut agar melaporkan diri untuk diisolasi rumah.

"Pasien yang sudah positif ada dua orang. Satu orang diantaranya sudah meninggal dunia dan kemudian dari dua orang ini kita akan melakukan penyelidikan epidemiologi atau dilakukan racing untuk mendapatkan kontak gerak dari seluruh yang pernah kontak dengan kedua pasien yang positif ini. Diharapkan dengan demikian kita bisa memutus rantai penularan," tuturnya.

Saat ini Alwi menjelaskan bahwa ada 205 orang yang sedang diisolasi rumah secara pribadi (ODP) di rumah masing-masing dan meminta agar para warga menjalankan ODP dengan benar.

"Pada saat ini kami sudah mendapatkan sekitar 205 orang yang kita isolasi di rumah (ODP) secara mandiri. Kami berharap 205 orang ini akan melaksanakannya dengan serius untuk bisa memutus rantai penularan. Karena kalau tidak maka ini akan menjadi lebih ramai lagi. Yang akan kita hadapi bisa lebih dari yang kemarin yang positif dua orang itu," katanya.

Alwi menegaskan, apabila warga Sumut yang pernah memiliki riwayat ke negara terinfeksi dan tidak melaporkan diri maka dikhawatirkan dapat menimbulkan ledakan pasien PDP di Sumut.

"Kalau tidak kita tidak bisa hentikan penularan ini dalam dua minggu ini. Maka dua minggu setelah ini kita akan  mendapatkan PDP yang lebih banyak lagi dan kemungkinan yang positif yang lebih banyak lagi. Ini tentunya sangat kita tidak kita harapkan. Oleh karena itu, ke 205 orang ini dan seluruh rekan-rekan yang baru pulang dari negara terjangkit, kami harapkan untuk bisa melaporkan dirinya untuk bisa kami awasi selanjutnya," pungkas Alwi.(vic/tri bunmedan.com)

Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved