Rentan Diserang Virus Corona, Begini Anjuran Asupan Gizi Harian untuk Usia 40-an dari Ahli

Buah seperti jeruk, jambu, pisang, pepaya, salak dan mangga, memiliki kandungan vitamin dan mineral alami yang cukup untuk mempertahankan kondisi

Istimewa
Makanan Sehat 

TRIBUN-MEDAN.com - Meningkatkan sistem kekebalan tubuh merupakan salah satu cara untuk memerangi virus dari dalam diri.

Walau upaya social distancing telah dilakukan, virus Covid-19 berpotensi memperparah kondisi tubuh ketika sistem kekebalan tubuh lemah atau tubuh juga mengidap penyakit penyerta.

Dilansir dari New York Times, data yang diambil pada Januari 2020 menyebutkan bahwa mayoritas pasien Covid-19 yang meninggal dunia memiliki penyakit penyerta seperti sirosis hati, hipertensi, diabetes, dan Parkinson.

Pengajar di Departemen Biologi, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Institut Pertanian Bogor ( IPB) Prof Dr dr Sri Budiarti mengatakan, ketimbang panik baiknya masyarakat fokus untuk jaga pertahanan tubuh.

“Salam Sehat untuk semua. Pesan saya, jangan panik, jaga pertahanan tubuh, hidup bersih, berdoa memohon sehat dan selamat kepada Tuhan Yang Maha Kuasa,” tuturnya dalam laman resmi IPB, Senin (23/3/2020).

Cegah Virus Corona di Medan, Akhyar Bersama IKAPTK Distribusikan 151 Alat Disinfektan

Mulai Pecah Kongsi, Hubungan Memanas Anwar Ibrahim dan Mahathir, Gaungkan Pudarnya Saling Percaya

Ia pun memberikan sejumlah tips bagaimana menjaga stamina tubuh agar tetap sehat.

Prof Sri Budiarti menyampaikan bahwa bahan pangan yang perlu dikonsumsi untuk memenuhi kebutuhan tubuh agar tetap fit bersumber dari karbohidrat, lemak, protein, vitamin dan mineral.

Sumber karbohidrat tidak harus nasi tapi bisa yang lain seperti singkong, jagung, ubi, atau talas.

Lauk pauk yang berasal dari sumber lemak dan protein hewani maupun nabati harus diperhatikan pemilihan dan cara mengolahnya. Baiknya hindari dahulu jenis dan pengolahan yang dapat meningkatkan kadar kolesterol darah.

“Salam Sehat untuk semua. Pesan saya, jangan panik, jaga pertahanan tubuh, hidup bersih, berdoa memohon sehat dan selamat kepada Tuhan Yang Maha Kuasa,” tuturnya dalam laman resmi IPB, Senin (23/3/2020).

Berbagi Perbatasan dengan China, Resep Ampuh Vladimir Putin Terhadap 146 Juta Waganya Cegah Covid-19

Akhyar Tinjau Stasiun Kota Medan, Pastikan Lakukan Pencegahan Penyebaran Virus Corona

Halaman
123
Editor: Royandi Hutasoit
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved