Breaking News:

Antisipasi Covid-19, Kantor BEI Sumatera Utara Tutup Sementara

Sesuai arahan pemerintah, Kantor Perwakilan Bursa Efek Indonesia (BEI) Sumatera Utara akan tutup selama dua pekan.

Penulis: Septrina Ayu Simanjorang | Editor: Truly Okto Hasudungan Purba
Tribun Medan/Septrina Ayu Simanjorang
Kepala KP BEI Sumatera Utara Pintor Nasution di Medan, Selasa (18/2/2020). 

TRI BUN-MEDAN.com, MEDAN - Sesuai arahan pemerintah, Kantor Perwakilan Bursa Efek Indonesia (BEI) Sumatera Utara akan tutup selama dua pekan.

Hal ini dilakukan dalam upaya mencegah penyebaran Covid-19.

Kepala Kantor Perwakilan BEI Sumut, Pintor Nasution mengatakan penutupan kantor sementara ini akan dimulai pada 24 Maret sampai dengan 5 April 2020.

"Untuk selanjutnya pekerjaan akan dilakukan di rumah masing-masing. Untuk market sendiri, belum ada informasi, akan kami informasikan apabila ada updatenya," ujarnya, Selasa (24/3/2020).

Ia mengatakan sebagian besar kantor perwakilan BEI saat ini sudah tutup untuk sementara.

Namun daerah yang belum begitu banyak pendeminya hingga saat ini masih membuka kantor sebagai mana mestinya.

"Sebagian besar sudah menutup kantor untuk sementara. Mungkin yang buka hanya empat atau lima kantor perwakilan saja," ungkapnya.

Sementara Otoritas Jasa Keuangan dalam mendukung langkah-langkah Pemerintah untuk mencegah penyebaran Corona Virus (Covid-19) serta harmonisasi kebijakan sektor jasa keuangan bersama Bank Indonesia yang mempersingkat jam operasional Bank Indonesia Real Time Gross Settlement (BI-RTGS).

"OJK telah meminta kepada PT Bursa Efek Indonesia, PT Kliring Penjaminan Efek Indonesia dan PT Kustodian Sentral Efek Indonesia untuk melakukan langkah-langkah sebagai berikut," ujar Deputi Komisioner Humas dan Logistik, Anto Prabowo.

Orang Dalam Pemantauan Terkait Corona di Binjai 185 Orang, Kepala BPBD: Makin Banyak Lebih Bagus

Kepada PT Bursa Efek Indonesia untuk mempersingkat jam perdagangan di Bursa Efek dan di Sistem Penyelenggara Pasar Alternatif (SPPA), serta mempersingkat waktu pelaporan di Penerima Laporan Transaksi Efek (PLTE).

Waktu perdagangan di Bursa Efek dari hari Senin s/d Jumat, menjadi sesi I yakni jam 09.00 hingga 11.30, dan sesi II yakni jam 13.30 hingga 15.00.

Sedangkan waktu perdagangan SPPA menjadi jam 09.00 hingga jam 15.00. Sementara waktu operasional PLTE menjadi jam 09.30 hingga jam 15.30.

"Sedangkan PT Kliring Penjaminan Efek Indonesia (PT KPEI) dan PT Kustodian Sentral Efek Indonesia (PT KSEI) untuk melakukan penyesuaian waktu proses penyelesaian dan kegiatan operasional lain dalam hal dibutuhkan," katanya.

Penyingkatan jam perdagangan Bursa Efek, jam perdagangan di SPPA dan waktu operasional PLTE serta penyesuaian waktu proses penyelesaian oleh PT KPEI dan PT KSEI tersebut berlaku sejak 30 Maret 2020 atau sejak penyesuaian jadwal kegiatan operasional dan layanan publik Bank Indonesia sampai dengan berakhirnya batas waktu yang ditetapkan kemudian oleh Otoritas Jasa Keuangan. (sep/tri bun-medan.com)

Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved