Antisipasi Covid-19, KONI Sumut Instruksikan Atlet Pelatda PON Papua 2020 Latihan di Rumah

Merebaknya wabah Corona Virus Disease (Covid-19) di Indonesia, termasuk wilayah Sumatera Utara (Sumut), akhirnya berimbas ke sektor olahraga.

TRIBUN MEDAN/CHANDRA
SEJUMLAH atlet Sumut cabor atletik saat menjalani latihan di Stadion Unimed beberapa waktu lalu. Mulai Rabu (25/3/2020) KONI Sumut menginstruksikan latihan para atlet dilakukan di rumah masing-masing. 

TRI BUN-MEDAN.com, MEDAN - Merebaknya wabah Corona Virus Disease (Covid-19) di Indonesia, termasuk wilayah Sumatera Utara (Sumut), akhirnya turut berimbas ke berbagai sektor termasuk dunia olahraga.

Menyikapi pandemi wabah Covid-19 tersebut, pemerintah melalui Kapolri juga telah mengeluarkan maklumat terkait pencegahan penyebaran virus Corona.

Salah satunya adalah melarang masyarakat melakukan aktivitas dan berkumpul di tempat keramaian termasuk kegiatan olahraga.

Atas dasar itu, Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Sumatera Utara turut mengambil langkah cepat menanggapi putusan pemerintah tersebut.

Lembaga otoritas keolahragaan di Sumut ini akhirnya mengeluarkan keputusan bahwa untuk sementara waktu, program Pemusatan Pelatihan Daerah (Pelatda) PON Papua 2020 tidak dilakukan di tempat umum.

Ketua Umum KONI Sumut, John Ismadi Lubis mengatakan jika sejak Februari lalu, program pelatda PON dilakukan di sentra-sentra pelatihan cabang olahraga (abor), maka kali ini diintruksikan agar dilakukan di rumah.

Para atlet pun diintruksikan untuk berlatih di rumah masing-masing hingga kondisi membaik.

“Menyikapi kondisi penyebaran virus Corona atau Covid - 19 ini, kita harus waspada. Untuk menjalankan sikap waspada itu, maka diputuskan mulai hari ini, Rabu (25/3/2020) program Pelatda Berjalan persiapan PON 2020 Papua kita pindahkan ke rumah masing-masing latihannya. Jika selama ini mereka berlatih di tempat-tempat yang dipersiapkan Pengprov maupun KONI," ujarnya, Rabu (25/3/2020).

TERBARU, Satu PDP Covid-19 di RSUP Adam Malik Meninggal Dunia

John mengatakan, keputusan melarang para atlet melakukan latihan di tempat umum ini merupakan langkah yang diambil agar mereka terhindar dari terjangkit Covid-19.

Sebelumnya, KONI Sumut telah lebih dulu mengimbau seluruh KONI Kabupaten dan kota dan Pengprov Cabang olahraga untuk meniadakan semua jenis event olahraga sementara waktu.

Meski ini keputusan sulit, namun mau tak mau langkah ini harus diambil agar tidak menyebar lebih luas apalagi sampai menjangkiti para atlet Sumut yang akan menghadapi PON 2020.

Dia pun berharap kondisi buruk akibat wabah Covid-19 ini bisa segera mereda.

Dengan demikian semua aktivitas akan bisa berjalan normal kembali.

"Ini saya rasa keputusan yang paling sulit dalam rangka mempersiapkan atlet- atlet. Tapi ini harus kita jalankan," tutupnya.

(can/tri bun-medan.com)

Penulis: Chandra Simarmata
Editor: Truly Okto Hasudungan Purba
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved