Breaking News:

Kejaksaan Negeri Medan Setop Sementara Pelimpahan Berkas Perkara

Kejari Medan telah menyetop sementara pelimpahan tahap dua (tersangka dan barang bukti) dari penyidik Polrestabes Medan beserta jajarannya.

Tribun-Medan.com/ Azis Hasibuan
Kejaksaan Negeri (Kajari) Medan saat pemusnahan barang bukti di depan gedung Kejari Medan. 

TRI BUN-MEDAN.com, MEDAN - Kejaksaan Negeri (Kejari) Medan telah menyetop sementara pelimpahan tahap dua (tersangka dan barang bukti) dari penyidik Polrestabes Medan beserta jajarannya dan Imigrasi Kelas I Medan.

Hal itu untuk mencegah penyebaran virus corona atau Covid-19.

Pelimpahan tahap dua terakhir dilakukan pada Senin (23/3/2020), kemudian mulai Selasa (24/3/2020) pelimpahan berkas sudah tidak dapat dilakukan.

"Senin terakhir penyerahan tersangka dan barang bukti (tahap dua) dari penyidik ke Kejari Medan sampai batas waktu yang tidak ditentukan," ujar Kepala Kejari (Kajari) Medan, Dwi Setyo Budi Utomo kepada wartawan, Rabu (25/3/2020).

Jika ada masa tahanan tersangka yang mau habis, Kejari Medan menyarankan kepada penyidik agar memperpanjang (sesuai Pasal 25 ayat (2) KUHAP) ke Pengadilan Negeri (PN) Medan.

Antisipasi Covid-19, Desa Belang Malum di Dairi Sediakan Wastafel Cuci Tangan di Acara Martuppol

Selain itu, Kejari Medan juga menyarankan apabila tindak pidana yang dilakukan tersangka tidak signifikan, maka dilakukan pengalihan atau penangguhan atau pembantaran penahanan.

"Hal ini menimbang surat dari Kanwil Kemenkum HAM (Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Azasi Manusia) Sumut untuk mencegah penyebaran virus Corona ke dalam Lapas atau Rutan," terangnya di Kejari Medan itu.

Bahkan, Kejari Medan menunda pengiriman sementara berkas perkara ke PN Medan.

Terpisah, Humas PN Medan, Tengku Oyong mengaku belum mengetahui adanya penyetopan berkas perkara.

Meski begitu, Oyong memakluminya karena virus corona sudah menyebar ke Medan.

Halaman
12
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved