Penumpang yang Tiba di Bandara Kualanamu Wajib Melintasi Bilik Penyemprot Disinfektan

Bandara Kualanamu saat ini menyediakan ruang sterilisasi bagi penumpang yang baru saja tiba untuk disemprot disinfektan

Penumpang yang Tiba di Bandara Kualanamu Wajib Melintasi Bilik Penyemprot Disinfektan
Tribun Medan
PENYEMPROTAN-Seorang pramugari terlihat disemprot disinfektan di ruang sterilisasi, Rabu (23/3). Ruang ini disediakan khusus untuk menangkap penyebaran wabah virus Corona/Covid-19. 

PAKAM,TRIBUN-Pihak Angkasa Pura II Bandara Kualanamu akhirnya membuat bilik penyemprotan disinfektan yang disebut Walking Through Disinfection.

Ruang sterilisasi ini dibangun persis di lokasi kedatangan domestik, dan area stasiun Railink.

Jadi, setiap penumpang yang datang wajib melintasi bilik penyemprotan ini guna memutus mata rantai penyebaran virus Corona/Covid-19.

Negara Ini Buat Bilik Disinfeksi untuk Bersihkan Virus Corona, Cocok Dicontoh Indonesia

"Fasilitas ini merupakan hasil karya para teknisi Bandara Kualanamu untuk mendukung pemerintah dalam upaya menghadapi situasi krisis Covid-19.

Usaha menyelamatkan jiwa manusia harus segera dipenuhi di tengah maraknya penyebaran pandemi Corona ini," kata General Manager Angkasa Pura II Bandara Kualanamu, Djodi Prasetyo, Rabu (25/3/2020).

Ia menjelaskan, prinsip utama dari bilik sterilisasi ini adalah menyemprotkan uap disinfektan ke seluruh tubuh seseorang, sehingga terbebas dari virus, bakteri atau kuman.

Sehingga, orang yang melintasi bilik itu diharap tidak menularkan penyakit pada orang lain.

"Kami juga membuat penambahan wastafel di dua titik, yakni zona A dan zona B," kata Djodi.

Ia mengatakan, jika sebelumnya penyemprotan disinfektan ini dilakukan di seluruh area terminal penumpang pesawat, area publik, lalu ke bagasi penumpang, maka sekarang penyemprotan cairan disinfektan juga dilakukan di sisi udara (airside).

Penyemprotan dilakukan dengan jet sprayer dan menggunakan cairan disinfektan dengan kandungan bahan aktif hydrogen peroxida.

Cegah Covid-19, Komunitas Satu Sajadah Gelar Aksi #GerakBareng Disinfektan di Pulo Brayan

"Kami berharap airside dapat steril dari virus, sebagaimana upaya yang telah kami jalani untuk mensterilisasi area terminal penumpang pesawat, area perkantoran, dan area publik lainnya," kata Djodi.

Dalam situasi seperti sekarang ini, managemen Kualanamu juga sudah menjalankan konsep physical distancing di sejumlah area, khususnya di tempat berkumpulnya penumpang pesawat seperti saat proses check-in, pemeriksaan keamanaan, saat di boarding lounge, hingga ketika memproses boarding ke pesawat.(dra)

Penulis: Indra Gunawan
Editor: Array A Argus
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved