Breaking News:

Perkuat Ekonomi di Desa Karena Corona, Bupati Ashari Delegasikan Pelantikan BPD Ke Camat

Bupati Deliserdang, Ashari Tambunan mendelegasikan kepada masing-masing Camat untuk secapatnya melakukan pelantikan Badan Permusyawaratan Desa (BPD).

Tribun Medan/Indra Gunawan
Bupati Deliserdang Ashari Tambunan 

TRI BUN-MEDAN.com, MEDAN - Bupati Deliserdang, Ashari Tambunan mendelegasikan kepada masing-masing Camat untuk secapatnya melakukan pelantikan Badan Permusyawaratan Desa (BPD).

Pelantikan tidak bisa dilakukan secara langsung oleh Bupati Ashari mengingat jumlah BPD yang mau dilantik begitu banyak.

Pelantikan sempat dijadwalkan akan dilakukan secara massal akhir bulan Maret ini.

Namun karena situasi sekarang ini tidak bisa dilakukan pelantikan oleh Bupati Ashari karena akan menghadirkan jumlah massa yang banyak.

Kadis Kominfo Deliserdang, Haris Binar Ginting menyebutkan, pendelegasian kewenangan dari Bupati ke Camat sebagai upaya mempercepat proses pencairan Dana Desa.

Hal itu agar penggunaan Dana Desa bisa dipakai secepatnya untuk menguatkan perekonomian desa agar kegiatan desa tidak terganggu apalagi dalam situasi sekarang ini dimana adanya penyebaran Covid-19.

"Hasil rapat Gugus Tugas hari ini sesuai petunjuk Pak Bupati mengingat situasi darurat pelantikan BPD yang seharusnya diresmikan secara massal dilimpahkan kewenangannya kepada Camat atas nama Bupati Deliserdang. Pelantikannya ada tiga gelombang," ujar Haris Binar Ginting, Kamis (26/3/2020).

Ia menyebut pencairan dana desa tidak bisa dilakukan karena pada saat ini masa jabatan BPD memang sudah habis periodenya.

Diharapkan setelah dana desa nanti bisa cair penanganan dan pencegahan Covid-19 bisa lebih maksimal di tingkat Desa.

Disebutkannya, saat ini Pemkab juga terus berupaya untuk melakukan pencegahan penyebaran virus Covid-19.

Antisipasi Penyebaran Covid-19, Pemkab Asahan Semprotkan Disinfektan ke Lokasi-lokasi Keramaian

"Dasar pencairan dana desa itukan Perdes sementara saat ini karena BPD belum dilantik Perdes nya pun belum ada karena yang membuatnya itu BPD bersama dengan Kepala Desa. Kalau sudah ada pendelegasian dari Bupati ke Camat secepatnya ini akan dilakukan pelantikan di Kecamatan-Kecamatan," kata Haris.

Juru bicara Bupati Deliserdang ini menjelaskan, hingga kini pencegahan penyebaran virus tetap terus dilakukan.

Salah satunya adalah melakukan penyemprotan disinfektan baik di perkantoran maupun di tempat-tempat umum seperti pasar dan terminal. 

Dirinya mengajak agar semua lapisan ikut berperan dalam hal pencegahan dan penyebaran.

"Sosialisasi di Kecamatan maupun di desa-desa terus kita dilakukan. Kegiatan-kegiatan yang mengundang keramaian saat ini tidak dibenarkan. Makanya kalau ada yang ngumpul-ngumpul langsung didatangi dan dibubarkan oleh tim. Harus dipahami ini adalah kepentingan bersama,"kata Haris.

Karena situasi sekarang ini, lanjut Haris, mengharuskan pemerintah mengambil tindakan seperti itu.

Bahkan kegiatan Ceng Beng (ziarah leluhur) juga telah dianjurkan oleh Pemkab untuk dibatasi dan ibadahnya dilaksanakan di rumah masing-masing. (dra/tri bun-medan.com)

Sumber: Tribun Medan
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved