Status ODP, Wali Kota Pematangsiantar Hefriansyah Pimpin Rapat via Teleconference

Wali Kota Hefriansyah dari ruang kerjanya di rumah dinas memimpin rapat Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait Pencegahan Convid-19

TRIBUN MEDAN/HO
WALI Kota Pematangsiantar, Hefriansyah memimpin rapat OPD via Teleconference usai ditetapkan sebagai ODP 

TRI BUN-MEDAN.com, SIANTAR - Wali Kota Hefriansyah dari ruang kerjanya di rumah dinas memimpin rapat Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait Pencegahan Convid-19 di Kota Pematangsiantar, Kamis (26/3/2020).

Dalam rapat tersebut, dirinya memerintahkan para Lurah dan Camat agar berkoordinasi dengan pihak Polsek, Koramil, dan Puskesmas agar terus menyosialisasikan sosial distancing.

Hefriansyah juga meminta pengecekan pendatang yang baru datang dari luar atau yang baru pulang dari perantauan yang bekerja sebagai Tenaga Kerja Indonesia (TKI).

Hal ini ia laksanakan secara teleconference mengingat dirinya ditetapkan ODP lantaran pulang dari Jakarta dan Sumatera Barat.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Midian Sianturi meminta segala pihak agar terus berkoordinasi dalam penyemprotan disinfektan di wilayah Kota Pematangsiantar. Kemudian, terus melaporkan jumlah Orang Dalam Pemantauan (ODP) dan Pasien Dalam Pengawasan (PDP), menyosialisasikan kebiasaan mencuci tangan, menjaga jarak dengan orang lain, dan mengingatkan warga yang berstatus ODP agar melakukan isolasi mandiri.

"Memantau orang yang keluar masuk Kota Pematangsiantar. Untuk tempat keramaian, saya berharap agar pihak Satpol PP bertindak tegas," terangnya.

Sementara itu, Pj Sekda Pematangsiantar Kusdianto menjelaskan, dalam rapat telah disepakati sejumlah langkah yang akan dilakukan Pemko Pematangsiantar dalam rangka menanggulangi penyebaran Covid-19.

Penyebab di Balik Merasa Sakit Setelah Membaca Berita Covid-19, Mendadak Tenggorokan Gatal & Meriang

"Termasuk, Jumat (27/3/2020) besok, sekira pukul 09.00 WIB, akan diadakan penyemprotan desinfektan menggunakan empat unit mobil pemadam kebakaran di tempat yang banyak dilalui orang, yaitu Jalan Merdeka dan Jalan Sutomo," katanya.

Setelah penyemprotan, turut diadakan sosialisasi pencegahan Covid-19 ke kecamatan dan kelurahan.

Dalam sosialisasi ini, warga akan diingatkan apabila ada warga yang baru datang dari luar Kota Pematangsiantar supaya melaporkan diri agar jelas keberadaannya.

Termasuk tujuannya datang ke Pematangsiantar dan setelah itu supaya memeriksakan diri.

Selain itu Dinas Pendidikan diminta supaya selalu melakukan patroli untuk mengecek siswa yang harus belajar di rumah apakah berada di warung internet (warnet), biliar, Play Station (PS), dan tempat keramaian.

Jika ada menemukan pelajar di tempat-tempat tersebut agar diperintahkan pulang ke rumah masing-masing.

"Satpol PP juga agar terus mengimbau para pemilik kafe dan tempat hiburan agar menghentikan kegiatan sementara waktu. Bila tidak digubris, akan dilakukan tindakan tegas dari Pemko Pematangsiantar," kata Kusdianto.(mag/tri bun-medan.com)

Penulis: Alija Magribi
Editor: Truly Okto Hasudungan Purba
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved