Virus Corona

30 Persen Pasien Covid-19 Tidak Menunjukkan Gejala Awal seperti Batuk Kering hingga Sesak Nafas

Pemerintah China melaporkan, lebih dari 30 persen orang yang positif terinfeksi Covid-19, terlambat atau tidak menunjukkan gejala sakit.

30 Persen Pasien Covid-19 Tidak Menunjukkan Gejala Awal seperti Batuk Kering hingga Sesak Nafas
picture-alliance/abaca/Ipa/C. Carlo
30 Persen Pasien Covid-19 Tidak Menunjukkan Gejala Awal seperti Batuk Kering hingga Sesak Nafas. Pasien Corona (Covid-19) Italia 

30 Persen Pasien Covid-19 Tidak Menunjukkan Gejala Awal seperti Batuk Kering hingga Sesak Nafas

Banyak publik figure yang dinyatakan positif Covid-19 mengaku tidak menunjukkan gejala awal seperti batuk kering, demam dan sesak nafas.

Ternyata hasil penelitian terbaru, Pemerintah China melaporkan, lebih dari 30 persen orang yang positif terinfeksi Covid-19, terlambat atau tidak menunjukkan gejala sakit.

Kasus ini membuktikan bahwa masa inkubasi virus bisa lebih panjang dari dua minggu.

Laporan pemerintah China tentang kasus Covid-19 tanpa gejala sakit atau asimptomatik yang dilansir The South China Morning Post itu juga dikonfirmasi kelompok pakar kesehatan Jepang.

Melansir dw indonesia, Hiroshi Nishiura, pakar epidemiologi di Hokkaido University, yang memimpin tim pakar medis Jepang, menyebutkan bahwa dari seluruh warga Jepang pasien Covid-19 yang dievakuasi dari episentrum pandemi Wuhan, sebanyak 30,8% dari mereka tidak menunjukkan gejala sakit.

Dalam sebuah surat kepada International Journal of Incetious Diseases, pakar epidemiologi itu menyebutkan, ada celah perbedaan antara laporan dari China, dengan estimasi berbasis diagnosa kasus di luar Cina.

Hal itu menunjukkan adanya jumlah substansial kasus yang didiagnosis terlalu ceroboh.

Kasus itu juga menunjukkan bahwa asumsi mengenai gejala sakit setelah terinfeksi virus corona yang akan muncul antara 5 hari sampai dua minggu harus dicermati lagi.

Sebab dalam lebih dari 30% kasus Covid-19, gejalanya tidak muncul atau muncul tiga minggu kemudian.

Halaman
1234
Editor: Tariden Turnip
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved