Breaking News:

Cegah Penyebaran Covid-19, HAKLI Lakukan Gerakan Sanitasi Lingkungan Nasional di Fasilitas Umum

Himpunan Ahli Kesehatan Lingkungan (HAKLI) lakukan Gerakan Sanitasi Lingkungan Nasional (GSLN) melalui penyemprotan disinfektan.

Penulis: Rechtin Hani Ritonga | Editor: Truly Okto Hasudungan Purba
TRIBUN MEDAN/HO
PENYEMPROTAN disinfektan dan pengadaan tempat cuci tangan gratis yang merupakan bagian dari Gerakan Sanitasi Lingkungan Nasional (GSLN) di Masjid Taqwa Jalan Asraka Medan, Minggu (29/3/2020). 

TRI BUN-MEDAN.com, MEDAN - Dalam rangka pencegahan Covid-19 Himpunan Ahli Kesehatan Lingkungan (HAKLI) lakukan Gerakan Sanitasi Lingkungan Nasional (GSLN) melalui penyemprotan disinfektan dan pengadaan tempat cuci tangan gratis ke berbagai fasilitas umum khususnya rumah-rumah ibadah di Sumut.

Satu di antara lokasi tersebut adalah Masjid Taqwa Jalan Asrama Medan, Minggu (29/3/2020).

Pengurus HAKLI Provinsi Sumatera Utara, Rusdin Pinem mengatakan, penyemprotan ini merupakan bagian dari langkah pencegahan virus Corona yang dilakukan oleh HAKLI bekerjasama dengan Pemerintah Provinsi Sumatera Utara.

"Kita memang memiliki program penyemprotan disinfektan dan pengadaan tempat pencucian tangan di berbagai tempat umum, sebelumnya kita memang memiliki program ini tapi semakin gencar dikhususkan sebagai langkah pencegahan virus corona ini," ujarnya.

Dikatakannya, penyemprotan dan pengadaan tempat pencucian tangan kepada tempat-tempat ibadah di daerah tertentu dilakukan berdasarkan permintaan pihak yang bersangkutan.

Hal ini dikarenakan dibutuhkan penyesuaian waktu ataupun jadwal penyemprotan yang dibuat.

"Sejauh ini kalau untuk tempat-tempat ibadah kita lakukan sesuai permintaan, dikarenakan dari pemangku kepentingan setempat bisa saja sudah memiliki program tersendiri, jadi butuh penyesuaian jadwal supaya tidak bentrok," tambahnya.

Sebelumnya, Badan Kenaziran Masjid (BKM) Taqwa telah melakukan penyemprotan disinfektan yang diinisiasi langsung oleh pihak BKM.

Ketua Badan Kenaziran Masjid Taqwa, Rusdi Rangkuti mengatakan bahwa dalam penyemprotan disinfektan ini dirinya berharap agar para jamaah dapat lebih tenang dalam melaksanakan ibadah.

"Harapannya jamaah di Masjid kita ini bisa beribadah dengan tenang tanpa ada rasa was was karena sudah kita lakukan secara bertahap proses penyemprotan disinfektan dan pembersihan secara rutin," ujar Rusdi.

VIRUS CORONA Mengganas, Kematian Akibat Covid-19 di Spanyol Kalahkan Cina, Secara Global 600 Ribu

Pada pelaksanaan sholat jumat, ujar Rusdi, pihaknya juga melakukan penyemprotan sebelum dan sesudah melakukan ibadah sholat Jumat.

"Kita juga sudah lakukan upaya pencegahan ini seperti pada pelaksanaan sholat Jumat kemarin kita lakukan penyemprotan disinfektan pada saat sebelum melakukan sholat dan saat selesai sholat ketika jamaah telah meninggalkan masjid," tambahnya.

Karena kesadaran terhadap pentingnya penyemprotan disinfektan secara rutin, Rusdi mengatakan ke depan pihaknya berencana melakukan penyemprotan disinfektan sebanyak dua kali dalam satu hari.

"Sudah kami rencanakan untuk melakukan penyemprotan disinfektan sebanyak dua kali dalam satu hari. Harapannya kita dapat mencegah penyebaran virus ini di tempat-tempat ibadah supaya jamaah yang melakukan ibadah," pungkasnya.(cr14/tri bun-medan. com)

Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved