e-Commerce Beri Sanksi Mitra Nakal, Naikkan Harga di Luar Kewajaran

marketplace, Bukalapak memperbolehkan pelapak untuk menentukan harga produk dan strategi penjualan masing-masing

Bukalapak
Achmad Zaky (Co-founder Bukalapak) dengan CEO Bukalapak, Rachmat Kaimuddin. 

TRIBUN-MEDAN.com, MEDAN - Saat ini, masyarakat banyak memanfaatkan e-commerce untuk mendapatkan kebutuhan mereka. Apalagi, seiring dengan adanya anjuran belajar, bekerja, dan beribadah dari rumah, membuat layanan ini semakin digemari.

Head of Corporate Communications Bukalapak Intan Wibisono mengatakan, sebagai sebuah platform marketplace, Bukalapak memperbolehkan pelapak untuk menentukan harga produk dan strategi penjualan masing-masing.

Menurut President Bukalapak, Ini Dampak Positif Wabah Corona pada Perekonomian

"Akan tetapi, Bukalapak akan menindak pelapak yang memanfaatkan situasi pandemi untuk meraup keuntungan tidak wajar dan menghalangi akses masyarakat untuk mengakses produk tersebut sesuai dengan syarat dan ketentuan yang telah disepakati bersama," katanya.

Ia mengatakan, pelapak yang dilaporkan para pembeli menaikkan harga barang secara tidak wajar, akan segera di take-down dan pihaknya juga mengadaptasi algoritma untuk mendeteksinya.
"Bukalapak sangat menghargai kerjasama dari pengguna yang bersedia melaporkan temuan seperti ini pada tim BukaBantuan untuk ditindaklanjuti," ujarnya.

Ia mengatakan, hingga saat ini Bukalapak belum memberlakukan pembatasan untuk pembelian produk apapun.

"Namun, kami bekerja sama dengan para rekanan penyedia barang (supplier) untuk selalu menjaga ketersediaan barang-barang yang dibutuhkan terkait situasi pandemi ini," katanya.

CEO Bukalapak Rachmat Kaimuddin mengatakan, luasnya penyebaran COVlD-19 adalah masalah semua. Pihaknya melakukan kampanye Sahabat Sehat yang akan berlangsung selama mesa darurat nasional untuk membantu masyarakat.

Ada pun yang dilakukan antara lain Stay Alert yakni menyediakan informasi yang akurat dan terkini untuk masyarakat Indonesia. Selain itu, Bukalapak juga bekerja sama dengan dokter untuk menyediakan tanya jawab virtual dan live seputar COVID19.

Selain itu, ada berbagai tambahan diskon dari mitra bisnis seperti Dana, Bank BRI, den Allianz. Pengiriman barang juga telah dipastikan aman dengan Pengiriman Bebas Kontak Langsung dan tepat waktu oleh Sicepat, J&T Express dan Lion Parcel," katanya

Sementara itu, e-commerce lainnya, Blibli.com mengatakan, sejak Januari lalu pihaknya telah melakukan upaya pencegahan penyebaran pandemi COVID-19 di lingkungan kerja mau pun kepada pelanggan.

"Blibli meningkatkan prosedur sanitasi melalui pengiriman tanpa kontak, pemantauan kesehatan karyawan, proses sanitasi seluruh fasilitas kantor dan gudang, serta kebijakan work from home bagi karyawan yang diterapkan sejak pertengahan Maret," ucap Vice President of Public Relations Blibli Yolanda Nainggolan.

Blibli juga terus mengupayakan ketersediaan produk dan telah menerapkan pembatasan pembelian produk khususnya untuk produk-produk sensitif terkait situasi saat ini, seperti hand sanitizer, cairan antiseptik, dan juga masker, serta produk sembako.

Hal ini sesuai dengan anjuran Pemerintah Indonesia untuk melakukan pembatasan pembelian stok untuk menghindari pihak-pihak yang bertujuan untuk menimbun barang.

"Selain itu Blibli juga melakukan pemantauan rutin agar tidak ada mitra merchant yang menjual produk dengan harga di atas harga pasaran. Tentunya Blibli akan melakukan tindakan tegas dengan memberikan peringatan keras dan penangguhan produk bagi merchant yang tetap melanggar sehingga produk yang dijual tidak dapat diakses oleh pelanggan," katanya.

Inisiatif yang dilakukan Blibli beserta seluruh mitra strategis ini sesuai dengan komitmen Blibli untuk mengedepankan kepuasan pelanggan di Indonesia. Hal ini agar seluruh pelanggan dapat terus memenuhi kebutuhan dan melindungi kesehatan selama beraktivitas #dirumahaja #KarenaSehatNo1.

Penulis: Septrina Ayu Simanjorang
Editor: Eti Wahyuni
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved