MEMERANGI CORONA, Dokter Lulusan UGM Buat Terobosan 1000 Titik Penyemprotan Disinfektan

SEMENJAK seorang guru besar Fakultas Kedokteran Universitas Gajah Mada, Yogyakarta yang positif terinfeksi virus Corona wafat beberapa waktu lalu

Istimewa (kompas.com)
Seorang dokter lulusan Fakultas Kedokteran UGM membuat terobosan untuk memerangi virus Corona. Satu di antaranya, ia melakukan sosialisasi di 1000 titik di Jakarta. 

MEMERANGI CORONA, Dokter Lulusan UGM Buat Terobosan 1000 Titik Penyemprotan Disinfektan

SEMENJAK seorang guru besar Fakultas Kedokteran Universitas Gajah Mada, Yogyakarta yang positif terinfeksi virus Corona wafat beberapa waktu lalu, dokter Tirta Mandira Hudhi gelisah. Ia berpikir perlu adanya upaya nyata untuk memerangi Corona agar tidak banyak orang menjadi korban keganasan virus tersebut.

TRI BUN-MEDAN.com - SEMENJAK seorang guru besar Fakultas Kedokteran Universitas Gajah Mada, Yogyakarta yang positif terinfeksi virus Corona wafat beberapa waktu lalu, dokter Tirta Mandira Hudhi gelisah. Ia berpikir perlu adanya upaya nyata untuk memerangi Corona agar tidak banyak orang menjadi korban keganasan virus tersebut. 

Padahal, dokter lulusan Fakultas Kedokteran Universitas Gajah Mada ini sudah lama pasif dari dunia medis, ia memilih jadi pengusaha muda.

Bahkan, tidak sedikit masyarakat Indonesia lebih mengenalnya sebagai influencer sekaligus pengusaha. Tetapi rupanya, ia tidak melupakan sumpah dokter yang pernah ia ikrarkan.

"Jadi kan kalau dalam sumpah dokter kita harus melindungi teman sejawat kita dari depan, belakang, kanan, kiri entah apapun caranya," kata Tirta saat dihubungi Kompas.com, Sabtu (28/3/2020).

Sosok Perempuan Islam Profesor Ying, Bos Peneliti Singapura yang Ciptakan Uji Virus Corona Tercepat

Tak bisa terjun langsung ke ruang perawatan karena sudah setahun ia tak praktik sebagai dokter, Tirta menempuh jalan lain untuk terlibat memerangi Covid-19.

Memanfaatkan pengikutnya di dunia maya, Tirta menggerakkan orang untuk berdonasi membantu memenuhi kebutuhan alat pelindung diri (APD) rekan-rekannya yang bertarung di garda terdepan.

Bersama Dompet Duafa, pria ini juga ikut dalam kegiatan menyediakan seribu titik ruang penyemprotan disinfektan yang tersebar di tempat-tempat umum di Jakarta.

Bahkan, ia juga berupaya memenuhi nutrisi tenaga kesehatan yang tengah berjibaku menghadapi pasien-pasien Covid-19 yang jumlahnya terus bertambah.

Halaman
123
Editor: jefrisusetio
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved