Breaking News:

Sumut Lawan Virus Corona

Antisipasi Penularan Covid-19, Libur Sekolah di Dairi Diperpanjang

Bupati Dairi, Eddy Berutu memperpanjang masa belajar di rumah bagi pelajar TK hingga SMP dan lembaga pendidikan nonformal

Penulis: Dohu Lase | Editor: Juang Naibaho
TRIBUN MEDAN / DOHU LASE
Bupati Dairi, Eddy Berutu 

TRI BUN-MEDAN.COM, DAIRI - Bupati Dairi, Eddy Berutu memperpanjang masa belajar di rumah bagi pelajar TK hingga SMP dan lembaga pendidikan nonformal, guna mengantisipasi risiko penularan Covid-19.

Kebijakan itu tertuang dalam Surat Edaran Nomor 420/1458 tanggal 27 Maret 2020.

Hal ini juga menindaklanjuti Surat Edaran Mendikbud Nomor 4 Tahun 2020 tanggal 24 Maret 2020 tentang Pelaksanaan Kebijakan Pendidikan Dalam Masa Darurat Penyebaran Corona Virus Disease (Covid-19) dan mempertimbangkan situasi dan kondisi Dairi, yang saat ini terdapat satu orang sudah berstatus positif corona.

"Waktu belajar di rumah bagi satuan pendidikan PAUD, TK, SD/MI, SMP/MTs, Lembaga Kursus dan Bimbingan Belajar diperpanjang sampai dengan tanggal 14 April 2020," kata Eddy Berutu lewat keterangan tertulisnya, Senin (30/3/2020).

Selain memperpanjang libur, lanjut Eddy, Pemkab Dairi juga meniadakan Ujian Nasional SMP. Ujian sekolah dengan mengumpulkan siswa juga dilarang

Ujian sekolah dilakukan dalam bentuk portofolio nilai rapor dan prestasi yang diperoleh sebelumnya, kemudian penugasan, tes daring dan/atau bentuk asesmen jarak jauh lainnya.

"Bukti atau produk aktivitas belajar dari rumah juga mesti dilaporkan," katanya.

Eddy Berutu mengaku telah memerintahkan penggunaan dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) untuk pengadaan barang-barang pencegahan pandemi Covid-19, seperti penyediaan alat kebersihan, hand sanitizer, disinfektan, dan masker.

Melalui surat edaran, Eddy meminta orang tua setiap siswa untuk mengawasi dan mendampingi jam belajar siswa di rumah, serta memastikan anak didik tidak keluyuran di luar rumah.

"Pemkab Dairi terus meminta kerja sama masyarakat dan semua pihak untuk menyosialisasikan dan mengedukasi sesama akan pentingnya menuruti imbauan yang kita beri, seperti perilaku hidup bersih dan sehat, kemudian bekerja, belajar dan beribadah di rumah, social dan physical distancing, untuk mencegah penularan corona," pungkas Eddy. (cr16/tribun-medan.com)

Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved