Update Corona di Sumut

Atasi Gejolak Penguburan Pasien Positif Covid-19, Pemko Medan Siapkan Lahan Pemakaman Khusus

Pemerintah Kota Medan telah menyiapkan lahan pemakaman khusus bagi korban meninggal akibat virus Corona (Covid-19).

TRIBUN MEDAN / ist
Kepala Dinas Kesehatan Kota Medan Edwin Effendi saat memberikan keterangan, terkait kondisi wabah Covid-19 di Media Center, Kantor Gubernur Sumut, Jalan Diponegoro No.30, Kota Medan, Selasa (31/03/2020). 

TRI BUN MEDAN.COM, MEDAN - Pemerintah Kota Medan menyiapkan lahan pemakaman khusus bagi korban meninggal akibat virus Corona (Covid-19).

Lahan ini disiapkan sebagai upaya alternatif mengantisipasi gejolak yang belakangan ini terjadi, yakni penolakan warga terhadap jenazah pasien positif Covid-19.

“Pemko Medan sudah menyiapkan tempat pemakaman khusus jenazah yang meninggal positif Corona. Hal ini kita siapkan karena selama ini ada hambatan seperti penolakan warga. Makanya kita siapkan tempat penguburan khusus, tim penanganan yang khusus serta alat penguburan yang khusus,” ujar Kepala Dinas Kesehatan Kota Medan Edwin Effendi saat melakukan siaran langsung melalui akun YouTube Humas Pemprov Sumut, Selasa (31/3/2020).

Upaya tersebut dianggap menjadi solusi dalam proses proses penguburan jenazah positif Covid-19. Sehingga tidak ada lagi gejolak di lingkungan masyarakat.

“Untuk penguburan korban yang meninggal kita sudah lakukan terlebih dahulu pengamanan dari rumah sakit. Jenazah sudah dibungkus plastik kedap dan peti yang dikunci sehingga tidak akan menularkan lagi,” katanya.

Untuk itu, masyarakat diimbau agar tidak lagi cemas dan ragu.

Namun, hal penting yang harus diketahui bersama adalah proses penguburan harus berlangsung cepat, maksimal 4 jam setelah pasien dinyatakan meninggal.

Ia menambahkan, ada juga tim yang akan membantu proses penguburan sehingga tidak akan lagi dapat menularkan.

Terkait lokasi lahan penguburan yang telah disiapkan tersebut, Edwin belum menyebutkannya secara rinci.

“Kalau lokasinya nantilah kita informasikan. Yang pasti sudah kita siapkan,” ujar Edwin.

Halaman
12
Penulis: Satia
Editor: Juang Naibaho
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved