Virus Corona

Ditemukan Alat yang Prediksi Nasib Pasien Berat Covid-19, Bantu Dokter Putuskan yang Diprioritaskan

Menurut American Academy of Critical Medicine, 960.000 pasien di Amerika Serikat membutuhkan ventilator, tetapi yang tersedia hanya sekitar 200.000.

dok
Ditemukan Alat yang Prediksi Nasib Pasien Berat Covid-19, Bantu Dokter Putuskan yang Diprioritaskan . Pasien yang dirawat dengan ventilator yang dilengkapi ECMO 

Akhirnya dokter yang menangani pasien kasus Virus Corona punya alat pembantu yang bisa memberikan petunjuk saat dihadapkan pada pilihan pasien berat Covid-19 yang diprioritaskan mendapat penanganan.

Saat Covid-19 mewabah semua negara di dunia termasuk Amerika kekurangan respirator atau ventilator, karena sekitar 20 persen pasien terserang saluran pernafasan bagian bawahnya, termasuk paru-paru.

Kondisi pasien bisa dengan cepat menjadi kritis hingga harus memakai alat bantu pernafasan atau respirator atau ventilator.

Menurut American Academy of Critical Medicine, 960.000 pasien di Amerika Serikat membutuhkan  ventilator, tetapi yang tersedia hanya sekitar 200.000. 

Para peneliti AS dan China mengembang alat yang mampu prediksi akurat pasien Covid-19 mana yang punya risiko tinggi akan terkena infeksi berat paru-paru.

Alat bantu diagnosis terbaru itu dikembangkan berbasis kecerdasan buatan.

Jika dioperasikan, algoritma akan menyisir kondisi pasien, dan dengan akurasi tinggi meramalkan perkembangan pasien virus corona mana yang akan mengembangkan gejala radang paru-paru akut.

“Dengan bantuan alat ini, dokter bisa dibantu membuat keputusan, pasien mana yang harus mendapat prioritas perawatan dan alat bantu,“ ujar Megan Coffee, dokter dan profesor di University Grossman School of Medicine di New York yang merilis temuannya di jurnal Computers, Materials & Continua.

Alat bantu itu menemukan berbagai indikator mengejutkan, yang bisa memprediksi pasien Covid-19 mana yang akan mengembangkan penyakit sindroma pernafasan akut (ARDS).

Pasien mengalami komplikasi berat, dan paru-parunya akan terisi cairan.

Halaman
123
Editor: Tariden Turnip
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved