Pelaksanaan Pilkada 2020 Terancam Tertunda, KPUD Karo Masih Tunggu Arahan KPU RI

Ketua KPUD Karo Gemar Tarigan mengungkapkan, pihaknya juga sudah sempat mendengar tentang rencana ditundanya Pilkada serentak 2020.

TRIBUN MEDAN/M NASRUL
Ketua KPUD Karo Gemar Tarigan ST, saat ditemui di Kantor KPUD Karo, Jalan Selamat Ketaren, belum lama ini. 

TRI BUN-MEDAN.com, KABANJAHE - Penyelenggaraan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) tahun 2020, dikabarkan terancam akan mundur dari jadwal semula.

Hal ini, diduga karena masih maraknya penyebaran wabah pandemic virus Corona yang semakin meluas.

Seperti diketahui, jadwal penyelenggaraan Pilkada tahun 2020 awalnya direncanakan akan dilaksanakan pada bulan September mendatang.

Namun, beberapa waktu terakhir beredar informasi jika penyelenggaraan Pilkada akan dilakukan penjadwalan ulang.

Saat dikonfirmasi ke KPUD Karo, Ketua KPUD Karo Gemar Tarigan mengungkapkan memang pihaknya juga sudah sempat mendengar tentang rencana tersebut.

Dirinya mengatakan, rencana ini berawal dari Rapat Dengar Pendapat (RDP) antara Komisi II DPR RI, dengan Menteri Dalam Negeri (Mendagri), KPU RI, Bawaslu RI, dan Dewan Kehormatan Penyelenggaraan Pemilu (DKPP) RI.

"Iya memang kita sudah mendengar kabar, tapi itu masih dalam batas RDP dengan penyelenggara pemilu," ujar Gemar, saat ditemui di Kantor KPUD Karo, Jalan Selamat Ketaren, Kabanjahe, Rabu (1/4/2020).

Gemar mengatakan, meskipun sudah mendengar adanya rencana ini namun pihaknya masih belum dapat menentukan sikap sendiri.

Pasalnya, seluruh KPU yang ada di tingkat provinsi maupun kabupaten/kota masih tetap menunggu arahan dari KPU RI untuk langkah selanjutnya.

Terkait Penundaan Pilkada Serentak 2020, Berikut Penjelasannya

Pria berbaju biru itu menjelaskan, jika memang nantinya telah diputuskan penjadwalan penyelenggaraan Pilkada akan diundur maka akan dibuat peraturan baru. Dirinya menyebutkan, adapun peraturan yang nantinya menjadi pedoman ialah dari Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang (Perpu) yang dikeluarkan oleh pemerintah. Dan juga Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU), yang dikeluarkan oleh KPU RI.

Halaman
12
Penulis: Muhammad Nasrul
Editor: Truly Okto Hasudungan Purba
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved