316 Pekerja dari Italia Tiba di Bali, Jalani Rapid Test hingga Tak Dikarantina

Ketika berada di Italia, lanjutnya, mereka hanya melintas dari pelabuhan menuju ke bandara kemudian terbang ke Indonesia.

ANTARA FOTO/YULIUS SATRIA WIJAYA
Petugas Dinas Kesehatan Kabupaten Bogor menunjukkan hasil tes cepat (rapid test) pendektesian COVID-19 kepada orang dalam pengawasan (ODP) di Bogor, Jawa Barat, Minggu (22/3/2020). Tes tersebut diperuntukan bagi peserta Seminar Anti Riba yang berlangsung di Babakan Madang Kabupaten Bogor pada 25-28 Februari 2020, dimana dua orang peserta seminar tersebut meninggal dunia di Solo Jawa Tengah akibat COVID-19. 

TRIBUN-MEDAN.com - Sebanyak 316 anak buah kapal (ABK) Warga Negara Indonesia (WNI) yang bekerja di Kapal Pesiar MSC Splendida tiba di Bandara I Gusti Ngurah Rai, Bali, Senin (31/3/2020).

Meski terbang dari negara pandemi virus corona, dengan rute dari Genoa, Italia-Doha-Denpasar, seluruh pekerja tersebut tak dikarantina oleh Pemerintah Provinsi Bali.

Otoritas kesehatan Italia menyatakan sehat 

Kepala Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Kelas I Denpasar Lucky Tjahjono mengatakan, ratusan ABK itu sudah dinyatakan sehat oleh otoritas kesehatan Italia.

Ketika berada di Italia, lanjutnya, mereka hanya melintas dari pelabuhan menuju ke bandara kemudian terbang ke Indonesia.

Lalu di kapalnya, para pekerja ini telah menjalani karantina selama 14 hari.

"KBRI kontak kami juga bahwa yang ini aman. Sudah dikarantina di kapalnya. Mereka juga enggak ke darat atau ke mana-maan (saat di Italia). Ada keterangan karantina. Sudah ada surat dari perusahaannya," kata Lucky.

Jalani rapid test

316 pekerja tersebut menjalani rapid test setibanya di Bali. Hasil rapid test menyatakan seluruhnya negatif corona.

"Di-rapid test. Jadi kalau semuanya clear ya aman," kata dia.

Halaman
12
Editor: Royandi Hutasoit
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved