LISTRIK GRATIS, Kabar Terkini PLN Unit Induk Wilayah Sumut Siap Laksanakan, Siapa Saja Berhak?

Kebijakan terkait listrik gratis bagi pelanggan 450 VA,diskon 50 % bagi pelanggan 900 VA Bersubsidi selama tiga bulan

PLN
ILUSTRASI - Perusahaan Listrik Negara (PLN) 

TRI BUN-MEDAN.com, MEDAN-PLN Unit Induk Wilayah (UIW) Sumatera Utara siap melaksanakan kebijakan pemerintah terkait listrik gratis bagi pelanggan 450 VA dan diskon 50 % bagi pelanggan 900 VA Bersubsidi selama tiga bulan.

Kebijakan ini akan diberlakukan yakni April, Mei, dan Juni 2020.

Hal ini dilakukan dengan tujuan untuk meringankan beban warga yang saat ini sedang mengalami pandemi virus corona.

General Manager PLN UIW Sumut M Irwansyah Putra menyampaikan bahwa saat ini pelanggan PLN yang terdaftar bersubsidi sesuai Basis Data Terpadu (BDT) Tim Nasional Percepatan Penanggulangan Kemiskinan (TNP2K) sebanyak 1,6 juta pelanggan di Sumatera Utara yang terdiri dari 1,3 juta pelanggan daya 450 VA dan 300 ribu pelanggan daya 900 VA.

"Berdasarkan hasil pembahasan PLN dan pemerintah untuk pelanggan pascabayar pembebasan tagihan akan diterima pelanggan pada setiap periode pembayaran," ujarnya melalui Manager Komunikasi PLN Unit Induk Wilayah Sumatera Utara, Kamis (2/4/2020).

Sementara untuk pelanggan prabayar akan diberikan token gratis sebesar pemakaian bulanan tertinggi dari pemakaian tiga bulan terakhir.

"Pelanggan yang terlanjur membeli token, token gratis akan tetap diperhitungkan pada pembelian bulan berjalan, sehingga token yang sudah dibeli tidak akan hilang," jelasnya.

Pembebasan tagihan dan diskon listrik akan dilakukan secara bertahap mulai 1 April 2020.

Ia mengatakan saat ini PLN Pusat tengah melakukan proses input pelanggan yang terdaftar dalam BDT TNP2K ke dalam sistem dan diperkirakan akan selesai dalam satu pekan ke depan.

"Untuk layanan PLN seperti pasang baru, perubahan daya dan penerangan sementara, pelanggan dapat melakukannya di rumah melalui Contact Center PLN 123 serta aplikasi PLN Mobile," jelasnya.

Sedangkan pembayaran dan pembelian token dapat dilakukan melalui aplikasi mobile banking serta e-commerce dan e-wallet seperti tokopedia, lazada, bukalapak, blibli, shopee, ovo, go-pay dll.

"Sehingga diharapkan masyarakat dapat melaksanakan anjuran pemerintah terkait antisipasi penyebaran Covid-19," pungkasnya

(sep/tribun-medan.com)

Penulis: Septrina Ayu Simanjorang
Editor: Salomo Tarigan
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved