Virus Corona Mengganas di Jakarta, Hari Ini Gubernur Anies Usulkan PSBB kepada Menkes Terawan

Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan mengatakan, segera mengusulkan status pembatasan sosial berskala besar ( PSBB) untuk Jakarta

Warta Kota/Fitriyandi Al Fajri
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan di DPD Golkar DKI Jakarta, Jalan Pegangsaan Barat, Kecamatan Menteng, Jakarta Pusat pada Sabtu (29/2/2020) malam. (Warta Kota/Fitriyandi Al Fajri) 

Virus Corona Semakin Ganas di Jakarta, Anies Usulkan PSBB kepada Menkes Terawan

Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan mengatakan, segera mengusulkan status pembatasan sosial berskala besar ( PSBB) untuk Jakarta kepada Menteri Kesehatan (Menkes) Terawan Agus Putranto Kamis (2/4/2020) ini.

TRI BUN-MEDAN.com-Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan mengatakan, segera mengusulkan status pembatasan sosial berskala besar ( PSBB) untuk Jakarta kepada Menteri Kesehatan (Menkes) Terawan Agus Putranto Kamis (2/4/2020) ini.

Usulan yang akan Anie Baswedan ajukan tersebut mengacu pada ketentuan Peraturan Pemerintah Nomor 21 Tahun 2020 tentang PSBB dalam Rangka Percepatan Penanganan Covid-19.

"Hari ini kami akan kirim surat kepada Menkes, meminta kepada Menkes untuk segera menetapkan PSBB untuk Jakarta," ungkap Anies dalam video conference bersama Wakil Presiden RI Ma'ruf Amin yang disiarkan akun YouTube Wapres RI, Kamis siang.

Anies berharap Kemenkes memiliki kebijakan khusus terkait penetapan status PSBB untuk kawasan Jabodetabek, tidak hanya Jakarta saja.

Sebab, pusat persebaran (episenter) Covid-19 ada di Jabodetabek, bukan hanya Jakarta.

"Di dalam PP 21 itu gubernur hanya dapat dilakukan di satu provinsi. Sementara episenternya ada di tiga provinsi karena Jabodetabek itu ada yang Jawa Barat dan Banten," kata Anies.

Armada bus Transjakarta untuk antarjemput tenaga medis di DKI Jakarta yang merawat pasien virus corona.
Armada bus Transjakarta untuk antarjemput tenaga medis di DKI Jakarta yang merawat pasien virus corona. (FB ANIES BASWEDAN)

"Karenanya kami usulkan agar ada kebijakan sendiri untuk kawasan Jabodetabek di mana-mana batas-batas administrasi pemerintahan berbeda dengan penyebaran kasus Covid-19 di Jabodetabek," lanjutnya.

Anies juga meminta Kemenkes segera menetapkan status PSBB untuk Jakarta dan sekitarnya.

Dengan demikian, Pemprov DKI bisa segera membuat kebijakan untuk mencegah meluasnya penyebaran virus corona tipe 2 (SARS-CoV-2).

"Yang kami butuhkan terkait dengan pemerintah pusat, pertama adalah mensegerakan untuk mendapatkan status agar kami bisa keluarkan peraturan," ucap Anies.

Format PSBB Masih Dirumuskan

Terkait format penerapan kebijakan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) ini,Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy mengatakan, penerapan kebijakan PSBB akan diikuti dengan pedoman teknis di setiap lembaga.

Halaman
12
Sumber: Tribunnews
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved