Breaking News:

Dampak Corona, Proyek Pembangunan di Dairi Belum Mulai

Memasuki April 2020, proyek pembangunan di Kabupaten Dairi belum mulai.

Penulis: Dohu Lase | Editor: Juang Naibaho
TRIBUN MEDAN / DOHU LASE
Sejumlah pekerja tampak bekerja memperbaiki susunan proyek ambrol di Jalan Kapurbarus, Sidikalang, Dairi, Selasa (7/1/2020). 

Laporan Wartawan Tri bun-Medan / Dohu Lase

TRI BUN-MEDAN.COM, DAIRI - Memasuki April 2020, proyek pembangunan di Kabupaten Dairi belum mulai.

Kabag Pengadaan Barang/Jasa Setdakab Dairi, Frans Sion Bakkara, mengatakan, kegiatan pengadaan barang/jasa di Dairi terpaksa diundur lantaran pandemi Covid-19.

Bakkara mengatakan, pihaknya baru-baru ini menerima surat dari Sekda Leonardus Sihotang untuk melakukan realokasi dan pemfokusan anggaran.

Surat tersebut, lanjutnya, merupakan tindak lanjut Instruksi Mendagri Nomor 1 Tahun 2020, yang mana meminta Pemda untuk mengalokasikan APBD pada kegiatan penanganan Covid-19.

"Realokasi dan pemfokusan anggaran ini adalah proses panjang. Bisa dikebut sebetulnya. Berhubung prioritas pemerintah sekarang ialah penanganan Covid-19, proses ini bisa jadi lama," tutur Bakkara saat ditemui Tribun Medan, Senin (6/4/2020).

Proses realokasi dan pemfokusan anggaran dimaksud, sambungnya, berupa evaluasi sekaligus pemilahan terhadap setiap kegiatan fisik dan nonfisik yang tidak mendesak.

"Evaluasi ini termasuk soal penyesuaian standar satuan harga bahan-bahan material untuk kegiatan pembangunan," ujarnya.

Ia menyebut, nilai total kegiatan pengadaan barang/jasa Kabupaten Dairi tahun ini, yang terentri pada Rencana Umum Pengadaan, baru Rp187 miliar lebih. Angka itu sudah termasuk kegiatan yang dananya bersumber dari APBN.

"Gara-gara pandemi merebak saat ini, kegiatan pengadaan barang/jasa terpaksa dievaluasi lagi. Kegiatan perjalanan dinas, pertemuan, diklat, bimtek, dan sosialisasi dikurangi, bahkan ditiadakan, agar anggarannya digeser ke penanganan Covid-19," ujar Bakkara mengakhiri.

(cr16/tri bun-medan.com)

Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved